Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

5 Hal Yang Harus Dilakukan Pasca Operasi Caesar

Operasi Caesar merupakan salah satu tindakan medis yang cukup besar dan membutuhkan banyak persiapan. Namun, persiapan ternyata tak hanya diperlukan sebelum operasi dilakukan saja. Pasca operasi pun, kamu tetap butuh persiapan ekstra untuk melakukan perawatan sebelum akhirnya bisa beraktivitas normal kembali.

Ladies, bagi kamu yang baru saja atau akan segera menjalani operasi Caesar, berikut ini ada beberapa langkah sederhana yang bisa kamu persiapkan dan lakukan untuk membantu proses pemulihan dengan hasil yang baik dan cepat:

  • Minta bantuan orang rumah untuk beraktivitas

Pasca operasi, biasanya kamu akan kesulitan untuk sekedar berjalan normal atau tegak berdiri. Hindari melakukan aktivitas berat dulu ya Ladies, apalagi untuk mengangkat benda berat. Kamu bisa mulai latihan berjalan sekitar 12-24 jam pasca operasi dan dengan meminta bantuan dari pasangan atau kerabat di rumah untuk bisa jadi penopang kamu saat bergerak. Dengan latihan bangun dan bergerak, kamu akan lebih cepat merasakan  kelancaran sirkulasi darah dan sistem pencernaanmu.

  • Balut bagian perut dengan abdominal binder

Abdominal binder ialah stagen atau korset yang bisa kamu gunakan pasca operasi. Benda ini bisa membantu mengurangi nyeri dan membuat otot perut lebih stabil. Kamu bisa berkonsultasi kepada dokter atau perawat di rumah sakit tentang cara penggunaan abdominal binder yang aman pasca operasi. Jangan lupa mencucinya setiap hari, agar tidak ada bakteri yang berisiko mengenai bekas luka operasi.

  • Asupan makanan bergizi
makanan bergizi

Selain latihan gerak fisik ringan, asupan makanan bergizi juga penting untuk bantu kamu mempercepat proses pemulihan pasca operasi. Perbanyak konsumsi protein hewani seperti daging, ikan dan telur bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat lho Ladies. Selain itu, sayuran hijau, buah-buahan dan yoghurt juga bisa jadi pilihan menu setiap hari.

  • Belajar menyusui

Posisi menyusui seperti menggendong di atas perut (cradle hold) mungkin akan tidak nyaman untuk kamu lakukan karena bekas jahitan.  Beberapa posisi yang direkomendasikan untuk dicoba ialah football hold, yang mana posisi bayi ada di bawah lengan dan sisi payudara yang akan disusui. Atau posisi berbaring miring (side-lying) yang akan membuatmu berhadapan dengan si Kecil.

  • Rawat luka bekas operasi dengan benar

 

Perawatan luka pasca operasi sangat penting dilakukan setiap hari, pasalnya jika dilakukan dengan baik dan benar akan membantu proses pemulihan lebih cepat. Sebelumnya kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk meminta step by step cara perawatan luka dan bekas luka di rumah. Beberapa hal perlu kamu perhatikan, seperti:

  • bersihkan luka secara perlahan dan ganti perban secara rutin
  • hindari berendam atau berenang minimal 3 minggu pasca operasi
  • gunakan pakaian berbahan katun yang longgar dan nyaman
  • jika masih terasa nyeri, gunakan bantal pemanas di area bekas luka operasi
  • hindari berhubungan seks minimal 6 minggu pasca operasi

Ladies, jika luka operasi kamu sudah mengering dan sembuh, saatnya kamu rawat bekas lukanya agar kamu tetap bisa tampil percaya diri sebagai seorang ibu pasca melahirkan. Perawatan bekas luka haruslah dilakukan segera, agar bisa memudar lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas di kulitmu selamanya. Salah satu yang bisa dicoba ialah dengan menggunakan Dermatix Ultra.

Dermatix Ultra terbukti secara klinis untuk membantu memudarkan dan meratakan bekas luka menonjol pada kulit hingga 80%. Tersedia dalam beragam varian, untuk bekas luka pasca operasi Caesar ini kamu bisa menggunakan yang berukuran 15 gr, yang tahan untuk 2 bulan pemakaian.

Cara pakai Dermatix Ultra pun sangatlah mudah. Usapkan pada area bekas luka 2 kali sehari selama 8 minggu. Hasilnya, perlahan tampilan bekas luka kamu akan memudar dan jadi lebih halus.

Nah, #JanganSetengahSetengah saat rawat bekas luka ya Ladies. Rawatlah sebelum terlambat, agar kamu tetap bisa tampil percaya diri!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester

 

 

 

Beli Dermatix® online dan kirim langsung ke rumah kamu

         Tokopedia       Blibli   Lazada

RECENTLY VIEWED