Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

6 Tips Agar Luka Pasca Operasi Cepat Pulih

Setelah melakukan operasi, biasanya seseorang akan mengalami downtime. Operasi yang menyebabkan luka tentu membutuhkan waktu untuk pulih. Setiap orang memiliki waktu recovery yang berbeda-beda. Begitu juga dengan bekas luka yang dimilikinya.

Tapi yang harus diingat adalah, terdapat sejumlah aktivitas dan kebiasaan yang harus diubah agar luka pasca operasi cepat pulih. Apa saja, ya?

1. Hindari terlalu banyak gerak

hindari banyak gerak
                                                  Foto - Pexels

Pasca operasi, sebaiknya batasi gerak terlebih dahulu. Jangan langsung aktif seperti sebelumnya. Hindari melakukan hal-hal yang berat. Luka pasca operasi akan mengalami cedera di saat kamu terlalu banyak bergerak. Jadi, batasi gerak dan lakukan aktivitas ringan agar luka cepat pulih.

 

2. Istirahat cukup

istirahat
                                                Foto - Pexels

Tidur adalah proses alami tubuh dalam memperbaiki sel-selnya. Jadi, usahakan untuk tidur cukup setelah operasi sehingga luka pasca operasi bisa cepat pulih secara alami. Usahakan untuk memenuhi waktu tidur yang ideal, yaitu 7 jam sehari, dan sempatkan untuk tidur siang sesaat.

 

3. Konsumsi makanan sehat

makanan sehat
                                               Foto - Pexels

Perbanyak protein sehingga penyembuhan luka bisa lebih cepat dan sempurna. Protein juga membantu meregenerasi jaringan pada luka sayat. Ikan, telur, tahu, sayur dan buah kaya vitamin C dan E, adalah makanan yang dianjurkan.

 

4. Kontrol batuk dan bersin

kontrol batuk
                                                   Foto - Pexels

 

Batuk dan bersin kerap membuat tekanan tertentu. Makanya ada anjuran untuk mengontrol batuk dan bersin, sehingga luka tidak kembali terbuka. Saat batuk atau bersin, tekan area luka dengan bantal, lalu lakukan selembut mungkin. Dengan cara ini, maka luka akan baik-baik saja.

 

5. Jangan absen kontrol ke dokter

kontrol ke dokter
                                               Foto - Pexels

Kontrol bekas luka pasca operasi itu perlu. Jadi, jangan sepelekan hal ini ya! Memeriksakan diri ke dokter bertujuan untuk melihat bagaimana proses penyembuhan dan kontrol komplikasi yang terjadi. Jadi, usahakan untuk tidak absen saat harus kontrol luka ke dokter.

 

6. Jangan menyentuh luka bekas operasi

jangan menyentuh luka
                                           Foto - Unsplash

Walau penasaran, tapi sebaiknya hindari menyentuh luka bekas operasi. Hal ini mencegah berpindahnya bakteri terhadap luka yang bisa menyebabkan infeksi dan memperlambat proses penyembuhan luka. Jadi, usahakanlah untuk tidak menyentuh luka.

Di saat luka sudah sembuh dan kering sempurna, maka saatnya merawat agar tidak menimbulkan bekas luka yang signifikan. #JanganSetengahSetengah saat merawat bekas luka. Serahkan perawatan bekas lukamu pada yang terpercaya, seperti Dermatix® Ultra.

Gel topikal ini hadir dengan kandungan CPX technology dan vitamin C Ester. Manfaat Dermatix® Ultra memang sangat solutif, yakni membantu untuk memudarkan dan meratakan bekas luka menonjol hingga 80%* setelah pemakaian teratur. Untuk bekas luka pasca operasi, disarankan untuk menggunakan varian 15 gr untuk pemakaian yang intensif.

Caranya? Aplikasikan gel tersebut secara rutin 2 kali sehari, pada area bekas luka yang telah dibersihkan. Kulitmu akan tetap terasa ringan dan tak lengket, karena memang teksturnya yang nyaman untuk kulit. Jika digunakan secara rutin minimal 8 minggu, perlahan kamu bisa melihat perubahannya. Wajib coba, nih!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester
Sumber

*Berdasarkan studi observasi berskala besar – MUIH Centre Study oleh Dr. M. Supermanesh. Kompedium Dermatologie 2006: 1: 30-32.

 

 

 

Beli Dermatix® online dan kirim langsung ke rumah kamu

         Tokopedia       Blibli   Lazada

RECENTLY VIEWED