Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Kenapa Area Luka Sering Gatal? Ini Penyebabnya!

opening

Kamu termasuk orang yang sering mengalami luka? Baik itu karena terjatuh, tergores benda tajam, ataupun faktor lainnya, kecelakaan yang satu ini memang sering sekali terjadi. Apalagi jika kita sering beraktivitas di luar ruangan, atau saat kita sedang tak fokus dengan apa yang dikerjakan.

Yang menarik dari luka yang kita miliki ialah terkadang ia dibarengi dengan rasa gatal pada area ukanya. Pernah merasakannya? Kira-kira, gatal pada luka itu pertanda apa ya?

Gatal pada luka bisa disebabkan oleh banyak hal

Tubuh manusia memang pintar. Saat kita merasakan nyeri akibat luka, tubuh akan memproduksi hormon serotonin untuk mengurangi nyeri tersebut. Jika kamu menggaruk area luka, biasanya akan terasa puas banget, 'kan? Sehingga seringkali kamu ingin terus-terusan menggaruk area luka tersebut.

Luka juga bisa terasa gatal karena adanya peradangan, baik karena ada paparan zat asing maupun karena alergi tertentu. Akibatnya, secara refleks kita akan menggaruk luka tersebut sampai sensasi gatalnya mereda.

Gatal pada luka harus digaruk supaya hilang, benarkah?

gatal gatal
                                                Foto - Unsplash

 

Tidak benar.  Sebisa mungkin, jangan menggaruk lukamu karena bisa menghambat proses penyembuhan, bahkan berisiko infeksi. Terutama ketika luka dalam proses pemulihan, regenerasi yang terjadi pada serat saraf kulit memang seringkali menimbulkan sensasi gatal.

Daripada menggaruk gatal pada luka, cukup tekan bagian sekitar luka dengan tangan bersih. Dan jika sensasi gatalnya terus terasa, segera berkonsultasi pada dokter untuk resep pengobatan lebih lanjut.

Kalau luka sudah tertangani dengan baik hingga sembuh dan kering, saatnya kamu fokus ke tahapan selanjutnya. Perawatan bekas luka memang #JanganSetengahSetengah, supaya bekasnya dapat memudar dan tak mengganggu keindahan kulitmu. Coba deh gunakan produk yang dapat membantu perawatan bekas luka yang tepat, seperti Dermatix Ultra misalnya. Mengandung CPX technology dan vitamin C Ester, gel ini membantu merawat dan memudarkan bekas luka pada kulit hingga 80% dengan penggunaan teratur.

Varian Dermatix Ultra sendiri beragam, mulai dari bekas luka ringan (varian 5gr) hingga sedang (varian 9gr). Usapkan 2 kali sehari tipis-tipis pada bekas luka yang telah dibersihkan. Ulangi selama 8 minggu pemakaian untuk mendapatkan manfaat Dermatix Ultra secara maksimal. Perlahan, hasilnya pasti akan terlihat. Pokoknya kalau untuk kesehatan dan kecantikan kulit, berikan yang terbaik ya!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester

RECENTLY VIEWED