Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Hal yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Anak Mulai Sekolah

 

 

Tugas menjadi seorang Ibu ternyata bukan hanya merawat anak saja lho Ladies. Tapi juga memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas untuk masa depan anak kelak. Dan seiring perkembangan usianya, tidak terasa kini si kecil sudah mulai memasuki usia sekolah, itu artinya kamu juga akan berhadapan dengan dunia anak yang baru ya Ladies.

Nah, sebelum anak mulai masuk sekolah, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan nih Ladies. Terutama untuk diri anak saat ia nanti berhadapan dengan lingkungan dan orang-orang baru disekitarnya. Yuk, diikuti tipsnya!

  • Kenalkan suasana sekolah yang menyenangkan

Tantangan saat anak mulai masuk sekolah adalah bagaimana caranya agar mereka betah dan nyaman berada di sekolah. Karena nantinya waktu bermain mereka tentunya akan lebih banyak terpotong dan tergantikan dengan kegiatan lain di sekolah. Bahkan ada beberapa sekolah yang memiliki waktu aktivitas yang cukup panjang, yaitu dari pagi hingga pulang siang menjelang sore. Bukan tidak mungkin anak akan cepat lelah dan menjadi bosan.

Nah Ladies, sebelum anak mulai masuk sekolah, kamu bisa menceritakan suasana sekolah kepada anak dengan cara yang menyenangkan dan penuh semangat. Ada baiknya juga kamu mengajak anak berkeliling ke sekolah barunya agar mereka bisa mengenal sekolah itu dengan baik. Saat kamu berkeliling sekolah dengan si kecil, kamu bisa bercerita kegiatan seru apa saja yang nantinya bisa ia lakukan bersama teman-teman barunya.

  • Latih tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian anak

Pengalaman masuk dunia sekolah bukan hanya akan menjadi pengalaman baru buat anak, tapi juga untuk kamu lho Ladies. Karena nantinya kamu harus melepas anak sendiri untuk bisa beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Tentunya akan didampingi oleh para guru. Namun biasanya ada beberapa tantangan yang bisa saja akan kamu hadapi, seperti; anak menangis bahkan tantrum tidak mau ditinggal oleh orang tua/pengasuh, anak tidak mau sekolah, dan masih banyak lagi.

Tantangan ini bisa kamu minimalisir dengan cara mengajarkan dan menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kemandirian pada diri anak sejak dini. Kamu bisa mulai melatihnya di rumah dengan memberikan tugas-tugas kecil pada anak untuk melatih rasa tanggung jawab, disiplin dan kemandirian mereka. Misalnya dengan mengajarkan untuk merapihkan semua mainan kembali, menyimpan piring dan gelas bekas makan di tempat cuci, membuang sampah pada tempatnya dan tidur tepat waktu agar tidak ada lagi drama bangun kesiangan.

  • Ajarkan sosialisasi sejak dini

Untuk mengajarkan sosialisasi pada anak, kamu bisa memulainya dari lingkungan sekitar rumah dan kerabat dekat. Memperkenalkan anak pada kerabatmu akan membantunya jadi anak yang pintar bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain.

Dengan bergaul dan bersosialisasi, anak akan belajar mengenal lingkungannya dan mampu berteman dengan orang baru. Jika anak sudah mampu menjalin pertemanan, nantinya mereka akan bisa bercerita kepadamu tentang teman dan lingkungan barunya. Sehingga kamu bisa tahu kegiatan anak di sekolahnya Ladies. Saat anak bercerita, kamu bisa menyimak dan menyisipkan nasihat untuk mereka agar bisa lebih baik dalam menjalani kehidupan sosialnya.

  • Ajarkan anak untuk fokus dan mengikuti arahan petunjuk

Karakteristik setiap anak pastinya akan berbeda-beda, namun tidak ada salahnya jika kamu bisa melatih anak untuk belajar fokus mendengarkan dan mengikuti arahan petunjuk. Karena nantinya ini akan berguna saat ia berhadapan dengan dunia sekolah dan mengikuti instruksi dari para guru. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melatih fokus anak, dengan membacakan buku cerita. Setelahnya kamu bisa minta mereka untuk menceritakan kembali dongeng yang sudah kamu bacakan tadi ya Ladies. Nantinya ini akan membantu anak untuk lebih fokus saat di sekolah.

Selain melatih fokus, mengikuti arahan petunjuk juga menjadi penting bagi anak saat memasuki dunia sekolah. Kamu bisa melatih anak dengan meminta mereka untuk melakukan beberapa kegiatan, jika mereka bisa melakukannya dengan baik, maka anak kamu sudah mampu mendengarkan dan melaksanakan tugas sesuai instruksimu.

  • Kuatkan kemampuan motorik

Kuatkan kemampuan motorik

Di era modern ini tantangan menjadi orang tua semakin berat, salah satunya “berperang” dengan gawai. Meski tidak dapat dihindari tapi pemakaian gawai harusnya diminimalisir, karena pemakaian gawai yang berlebihan bisa mengganggu kemampuan motorik anak. Sebaiknya berikan buku dan pensil warna atau crayon agar mereka bisa menggambar dan mewarnai.

  • Perbanyak bermain di outdoor

Pemberian gadget di era modern saat ini memang tidak bisa dihindari, namun ada baiknya pemakaian gadget bisa dibatasi dan diseimbangkan dengan aktivitas lainnya, seperti: bermain di luar ruangan. Biarkan anak berlari, melompat dan berimajinasi agar mereka tahu kemampuan dan keterbatasan tubuh mereka. Aktivitas di luar ruangan, seperti olah raga dipercaya mampu melatih keseimbangan dan menyehatkan badan. Sehingga membuat mereka tertidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, nantinya mereka akan terbiasa mengikuti kegiatan berolahraga di sekolah lho Ladies.

Namun terkadang aktivitas di luar ruangan ini juga bisa mengakibatkan luka pada kulit anak. Jatuh saat sedang berlari, hingga tergores benda tajam jadi risiko yang awam ditemui saat anak bermain di luar ruangan. Bila ini terjadi, segera bersihkan luka dengan air mengalir dan cairan antiseptic, kemudian tutupi luka dengan perban.

Setelah merawat luka sampai kering dan sembuh, saatnya kamu merawat bekas lukanya dengan Dermatix Ultra.  Rawat bekas luka #JanganSetengahSetengah ya Ladies, apalagi pada kulit anak. CPX technology dan kandungan vitamin C Ester padaDermatix Ultra  bisa bantu memudarkan dan meratakan bekas luka. Oleskan tipis-tipis pada area bekas luka secara teratur 2 kali sehari selama 8 minggu untuk hasil yang maksimal.

Wahyu Sriningsih (42 tahun) dari Lampung, salah satu pengguna yang sudah merasakan betul manfaat dari Dermatix Ultra  secara rutin, “dua tahun lalu aku terjatuh di sungai dan mengakibatkan pundak dan tangan ku luka dan bikin bekas luka yang tak kunjung hilang. Akhirnya aku ketemu sama Dermatix Ultra,  aku rutin pakai dan bekas lukaku yang sudah menahun mulai terlihat perubahannya, 80% lebih halus, lembut dan warna kulit tersamarkan,” ujarnya

Jadi #JanganSetengahSetengah saat mengoleskan Dermatix Ultra,  gunakan sesuai anjurannya untuk hasil yang maksimal!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester

 

 

 

Beli Dermatix® online dan kirim langsung ke rumah kamu

         Tokopedia       Blibli   Lazada

RECENTLY VIEWED