Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Pahami Perawatan Luka dan Bekas Luka, Apa Bedanya?

cover

Ladies, tahukah kamu bedanya luka dan bekas luka itu apa? Serta bagaimana cara perawatannya agar luka bisa lebih cepat sembuh, dan cara merawat bekas luka setelahnya. Karena tidak sedikit orang yang menyepelekan hal ini. Padahal jika tidak dilakukan dengan benar, bisa jadi akan menimbulkan bekas luka membandel di kulit.

Perbedaan

perbedaan bekas luka
Photo by Lucaxx Freire on Unsplash

Dilansir dari alodokter.com, luka merupakan cedera yang melibatkan rusaknya jaringan tubuh dan biasanya terjadi pada kulit. Sedangkan kulit merupakan organ tubuh terbesar pada manusia dan berperan penting dalam melindungi tubuh dari mikroba (virus, jamur, dan bakteri). Nah, jika kamu mengalami luka pada kulit, mikroba menjadi lebih mudah masuk ke dalam kulit yang akan menimbulkan infeksi. Jenis luka sendiri bermacam-macam, luka gores, tusukan, sayatan, terbakar hingga luka yang disebabkan oleh tindakan medis atau operasi.

Sedangkan bekas luka adalah hasil dari proses biologis dari perbaikan luka pada kulit dan jaringan tubuh. Sebelum menjadi bekas luka, biasanya proses penyembuhan luka menjadi hal yang krusial agar bisa kamu tangani segera. Inilah yang nantinya akan berubah menjadi bekas luka. Proses penyembuhan luka sendiri ada bermacam-macam:

- Tahap inflamasi (peradangan)

Ini merupakan tahap awal proses luka sembuh, yang mana pembuluh darah akan mulai menyempit agar pendarahan lebih cepat berhenti. Trombosit akan menggumpal di area luka, kemudian pembuluh darah akan mulai melebar untuk mengalirkan darah ke area luka. Biasanya area luka akan terasa rasa lebih panas, membengkak dan kemerahan. Kemudian sel darah putih akan mulai membanjiri area luka untuk mencegah terjadinya infeksi. Setelahnya sel-sel kulit baru akan tumbuh sehingga menutupi area kulit yang terluka.

- Tahap fibroblastik

Di tahap ini biasanya akan muncul jaringan parut dan kolagen mulai tumbuh di dalam luka. Pada tahap inilah bekas luka perlahan mulai terbentuk, sebagai pertanda luka kamu sudah mulai mengering dan sembuh.

- Tahap pematangan

Biasanya disini produksi kolagen akan terus bertambah dan membuat jaringan kulit yang rusak perlahan-lahan mulai sembuh. Waktu yang dibutuhkan biasanya bergantung pada jenis lukanya sendiri.

Cara merawat luka dan bekas luka

belly scar
Photo by Amanda Dalbjörn on Unsplash

Ladies, untuk perawatan luka agar bisa sembuh dengan baik, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah sesuai dengan anjuran dokter. Sebaiknya kamu selalu menyediakan peralatan P3K untuk membantu kamu dalam perawatan luka di rumah. Selama merawat luka, beberapa hal lain yang juga harus kamu perhatikan adalah kondisi yang mungkin bisa menyebabkan luka lebih sulit atau lebih lama sembuh. Misalnya terjadi pendarahan yang membuat luka sulit menutup. Atau masuknya benda asing atau kotoran yang bisa menyebabkan infeksi.

Saat luka sudah mulai kering dan sembuh, kini saatnya kamu rawat bekas lukanya. Ingat Ladies, perawatan bekas luka #JanganSetengahSetengah! Tak mau dong jadi kurang percaya diri karena bekas luka yang mengintai? Untuk merawat dan memudarkan bekas luka, banyak kok yang bisa dilakukan. Ada yang bereksperimen dengan bahan-bahan alami, seperti penggunaan lidah buaya misalnya. Ada pula yang mencoba pertolongan dengan tindakan medis, terutama untuk jenis bekas luka yang tergolong rumit seperti bekas luka hipertrofi atau bekas luka bentuknya seperti gumpalan padat.

Lantas, bagaimana dengan bekas luka menonjol yang umumnya sering kita alami? Pilihan yang tepat ialah untuk merawat bekas luka yang aman dan mudah, salah satunya dengan menggunakan gel Dermatix® Ultra. Kandungan CPX Technology dan Vitamin C Ester dalam gel ini teruji secara klinis mampu meratakan dan memudarkan bekas bekas luka menonjol hingga 80%*. Gel transparannya lebih mudah meresap di kulit dan cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Cukup oleskan selama 2 kali sehari selama minimal 8 minggu di area bekas luka secara teratur. Perlahan kamu bisa merasakan perubahannya. Untuk bekas luka ringan hingga sedang, coba deh gunakan varian 9 gr. Mendapatkannya pun mudah; kamu bisa membelinya secara online di situs terpercaya seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan juga Blibli. Pokoknya, selalu siap sedia ya!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester
Sumber

*Berdasarkan penelitian observasional skala besar oleh dr. M. Sepermanesh, Kompedium Dermatologie 2006: 1:30-32

RECENTLY VIEWED