Copyright © 2023 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Ini Dia Alasan Kenapa Bekas Jerawat Jadi Menghitam!

bekas jerawat

Pernah mengalami jerawat dan bekasnya malah meninggalkan noda hitam? Coba deh kamu ketahui beberapa penyebab bekas jerawat jadi menghitam dan cara mengatasinya!

Sama seperti masalah jerawat, bekas jerawat juga merupakan kondisi yang umum terjadi. Ketika berjerawat, tentu akan ada potensi munculnya bekas jerawat setelahnya. Namun, gimana caranya supaya bekas jerawat tersebut nggak menghitam dan membekas dalam jangka waktu yang lama di kulitmu. Supaya kamu bisa menghindari munculnya noda bekas jerawat yang menghitam, sebaiknya kamu mengetahui sederet penyebab kenapa bekas jerawat bisa jadi menghitam!

Peradangan yang menyebabkan melanin meningkat

bekas jerawat

Kamu tahu nggak sih, kalau bekas jerawat terjadi karena adanya reaksi peradangan. Akibatnya, pembuluh darah jadi melebar dan membuat area sekitar jerawat jadi berwarna merah. Nah, hal ini sebenarnya normal terjadi. Namun, kalau peradangan terus terjadi, maka akan membuat sel-sel keratinosit basal menjadi rusak. Dengan kerusakan yang terjadi, produksi melanin pada tubuh juga akan meningkat. Nah, zat melanin inilah yang akan menimbulkan warna gelap pada permukaan kulitmu. Sehingga, timbul hiperpigmentasi yang berwarna coklat atau hitam. Dari situlah, noda hitam bekas jerawat akhirnya muncul pada kulitmu.

Menyentuh dan memencet jerawat

bekas jerawat

Hayo, siapa yang masih suka menyentuh jerawat, bahkan sampai memencetnya? Kamu perlu tahu kalau tindakan yang satu ini bisa jadi pemicu bekas jerawat jadi menghitam. Menyentuh serta memencet jerawat dengan tangan yang nggak bersih bisa menimbulkan peradangan di area tersebut. Kondisi tersebut akhirnya bisa meningkatkan risiko infeksi dan mengakibatkan bekas jerawat menghitam. Selain jerawat menjadi kehitaman, kamu bisa mengalami hal yang lebih parah lagi yaitu kulit yang berlubang atau parut, serta bekas jerawat yang bertahan lama dan susah hilang.

Jarang pakai sunscreen

bekas jerawat

Jangan salah, ternyata saat kamu malas-malasan pakai sunscreen bisa menyebabkan bekas jerawat jadi menghitam lho. Ketika sebuah bekas jerawat yang tadinya nggak berwarna pekat, akan semakin parah jika terpapar sinar matahari secara langsung tanpa adanya perlindungan khusus. Itu semua karena sinar UV yang kuat terpancar langsung ke kulit dan bisa mendorong produksi melanin di tubuh semakin banyak. Alhasil, bisa muncul hiperpigmentasi pada kulit, bahkan membuat bekas jerawatmu semakin gelap dan menghitam. Makanya, rutin pakai sunscreen dan reapply sunscreen adalah hal yang penting dilakukan!

Intip cara memudarkan noda hitam bekas jerawat!

Dermatix Acne Spot Care

Kalau bekas jerawatmu terlanjur menggelap dan jadi berwarna hitam, kamu harus lebih ekstra dalam merawatnya. Selain rutin memakai skincare dengan fungsi brightening, kamu juga perlu menggunakan obat bekas jerawat yang ampuh memudarkan noda hitam bekas jerawat dengan optimal. Pilihlah obat bekas jerawat dengan ingredient yang kuat seperti Activ GCS (Glycosnail), Niacinamide, Zinc, Vitamin E, dan CPX Silicone yang terkandung di dalam Dermatix® Acne Spot Care.

Dermatix Acne Spot Care

Menariknya, beberapa ingredient yang tadi saya sebutkan itu punya fungsi yang amat baik untuk memudarkan noda hitam bekas jerawat di kulitmu. Bukan cuma bisa memudarkan noda hitam bekas jerawat, ada niacinamide juga dapat memperlambat produksi melanin yang memberi warna gelap pada bekas jerawat. Selain itu, terdapat Activ GCS (Glycosnail) untuk memproduksi kolagen serta elastin di kulit, zinc untuk mengatasi inflamasi, serta CPX Silicone untuk melindungi kulit. Lebih okenya lagi, obat bekas jerawat milik Dermatix® Acne Spot Care juga dilengkapi vitamin E yang kaya akan antioksidan.

Dermatix Acne Spot Care

Dengan sederet ingredients yang kece, Dermatix® Acne Spot Care ini bisa bantu memudarkan bekas jerawat kehitaman dalam kurun waktu 4 minggu*, jika kamu memakainya secara rutin. Selain bekas jerawat jadi pudar, tekstur kulit jadi lebih rata, serta cocok untuk oily skin maupun acne prone-skin. Untuk pemakaiannya juga super gampang! Kamu bisa mengaplikasikan Dermatix® Acne Spot Care sebanyak 2 kali sehari pada area bekas jerawat. Jangan lupa untuk rajin memakainya ya, supaya hasilnya maksimal!

 

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa bekas jerawat bisa menghitam! Kira-kira, kamu masih sering melakukan hal yang memicu munculnya noda hitam bekas jerawat, nggak? Kalau iya, sebaiknya kamu mulai berhenti melakukan hal tersebut dan fokus memakai produk yang bisa memudarkan noda hitam bekas jerawat!

 

Kira-kira, kamu tertarik untuk mencoba Dermatix® Acne Spot Care, nggak? Comment di bawah, ya!

 

* Dalam panel pengujian konsumen independen yang terdiri dari 65 pria dan wanita berusia 18-40 tahun.

LAWAN LUKA BEKAS JERAWATMU
Mencerahkan noda hitam bekas jerawat
Mencegah berkembangnya noda bekas jerawat baru
Teknologi CPX Silicone yang inovatif dan formulasi ActivGCS (ekstrak lendir siput)
Sumber

Source:

Acne Scars. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 16 September 2020, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21222-acne-scars

 

Lim, D.S. (2019). Acne scars (scarring). The Australasian College of Dermatologists. Retrieved 16 September 2020, from https://www.dermcoll.edu.au/atoz/acne-scars-acne-scarring-2/

 

Hyde, P. (2016). Can Acne Scars Be Removed?. Kids Health. Retrieved 16 September 2020, from https://kidshealth.org/en/teens/acne-scars.html?WT.ac=ctg

 

Acne Scars: Diagnosis and Treatment. (n.a). American Academy of Dermatology. Retrieved 16 September 2020, from https://www.aad.org/public/diseases/acne/derm-treat/scars/treatment

 

Sachdeva, S. (2010). Research Letter: Lactic acid peeling in superficial acne scarring in Indian skin. Journal Of Cosmetic Dermatology, 9(3), 246-248. doi: 10.1111/j.1473-2165.2010.00513.x. Retrieved 16 September 2020.

 

Fabbrocini, G., Annunziata, M. C., D’Arco, V., De Vita, V., Lodi, G., Mauriello, M. C., Pastore, F., & Monfrecola, G. (2010). Acne scars: pathogenesis, classification and treatment. Dermatology research and practice, 2010, 893080. https://doi.org/10.1155/2010/893080. Retrieved 16 September 2020.

 

Hyperpigmentation. (n.d.). American Osteopathic College of Dermatology (AOCD). Retrieved 23 November 2020, from https://www.aocd.org/page/Hyperpigmentation

 

American Academy of Dermatology (aad.org)

 

 

Beli Dermatix® online dan kirim langsung ke rumah kamu

        tokopedia-logo-baru   Blibli   Lazada   logo-menarini-store   jdid-logo

RECENTLY VIEWED