Copyright © 2023 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Muncul Noda Gelap di Wajah? Ini Alasannya!

Noda gelap atau dark spot memang bikin sebel. Ini tiga alasan kenapa noda gelap bisa muncul di wajah kamu dan cara perawatannya.

 

Noda gelap atau dark spot, bisa juga disebut sebagai hiperpigmentasi, adalah kondisi saat kulit kita memproduksi melanin berlebih sehingga permukaan kulit terlihat lebih gelap di beberapa area di wajah. Biasanya, noda gelap tidak disertai dengan perubahan tekstur kulit, jadi hanya mempengaruhi warnanya saja. Areanya juga bisa bervariasi dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Tidak semua noda gelap berbahaya, tapi memang cukup ganggu di wajah. Kira-kira, apa saja sih yang bisa bikin noda gelap muncul di kulit wajah kita?

 

  1. Perubahan hormon yang ekstrem, seperti saat hamil.

Ketika kamu sedang hamil, hormon kamu seakan sedang main rollercoaster: bisa naik dan turun dengan banyak perubahan dalam waktu yang singkat. Naik turunnya hormon kamu ini dapat mempengaruhi produksi zat-zat tertentu dalam tubuh, seperti produksi pigmen dalam kulit. Saat hamil, ada beberapa keseimbangan hormon yang berubah sehingga tubuh kamu memproduksi ekstra pigmen yang membuat wajahmu muncul noda gelap, bisa berwarna coklat, keunguan, bahkan hitam. Kondisi ini disebut dengan melasma. Tapi, kamu nggak perlu khawatir. Setelah melahirkan, hormon akan kembali normal dan kulitmu akan kembali seperti semula kok!

 

  1. Terpapar sinar matahari berlebih.

Selain faktor internal dalam tubuh seperti hormon, faktor eksternal seperti lingkungan juga bisa jadi alasan mengapa noda gelap muncul di kulit wajahmu. Paparan sinar matahari berlebih saat kamu sering beraktivitas outdoor bisa jadi jawabannya! Sinar matahari terdiri dari beberapa jenis sinar UV, salah satunya sinar UV-B. Dengan panjang gelombang yang lebih pendek, UV-B berperan dalam “pembakaran” kulit alias burning, yang bisa menyebabkan permukaan kulit tampak lebih gelap. Kalau kamu pernah dengar istilah freckles, inilah noda gelap yang disebabkan oleh sinar matahari berlebih. Untuk menghindari noda gelap muncul kembali, kamu bisa menggunakan sunscreen secara rutin supaya kulit tetap terlindungi setiap hari.

 

  1. Memencet jerawat sebelum sembuh total

Hayo, siapa yang guilty pleasure-nya suka memencet jerawat yang lagi matang? Hal ini sangat tidak dianjurkan lho. Selain masalah higienitas, memencet jerawat juga bisa memperparah bekasnya yang bikin kulit kamu muncul noda gelap. Hal ini dikarenakan kulit kamu mengalami dua trauma: jerawat dan tekanan dari memencetnya! Trauma inilah yang memicu inflamasi yang dapat berakibat dengan munculnya noda gelap di wajah dan bikin bekas jerawat kamu makin parah.

Dermatix Acne Spot Care

Untungnya, kamu bisa menggunakan Dermatix® Acne Spot Care yang bisa membantu kamu merawat bekas jerawat kamu. Jika digunakan setelah jerawat sembuh selama dua kali sehari. Dermatix® Acne Spot Care bisa memudarkan bekas jerawat kamu dalam waktu empat minggu* lho. Ada kandungan ActivGCS (Glycosnail) yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin agar sel kulit kembali sehat dan lembap, Niacinamide yang bisa mencerahkan noda hitam, Zinc berfungsi sebagai antiinflamasi yang juga mengontrol minyak di wajah, Vitamin E sebagai ekstra antioksidan yang menstabilkan kulit, juga CPX Silicone yang melindungi kulitmu dari efek buruk perubahan lingkungan. Bener-bener bisa say bye ke bekas jerawat deh!

 

Tiga alasan di atas bisa jadi jawaban atas kegalauan kamu yang baru muncul noda gelap di wajah. Sekarang, kamu sudah tahu cara merawatnya kan?

 

* Dalam panel pengujian konsumen independen yang terdiri dari 65 pria dan wanita berusia 18-40 tahun.

 

ID/DEA/102022/054

LAWAN LUKA BEKAS JERAWATMU
Mencerahkan noda hitam bekas jerawat
Mencegah berkembangnya noda bekas jerawat baru
Teknologi CPX Silicone yang inovatif dan formulasi ActivGCS (ekstrak lendir siput)

 

 

Beli Dermatix® online dan kirim langsung ke rumah kamu

        tokopedia-logo-baru   Blibli   Lazada   logo-menarini-store   jdid-logo

RECENTLY VIEWED