Copyright © 2023 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Cara Ampuh Menghilangkan Luka Bakar Cipratan Minyak!

Hobi masak menjadi hal yang seru untuk dilakukan, terlebih lagi jika membagikan pengalaman jalani hobi masak ini ke teman-teman kita. Tapi di sepanjang menjalaninya, ada saja penghalang yang seringkali kita alami sampai terkadang bikin kita jera untuk melakukan hobi masak ini lagi, contohnya terkena cipratan minyak panas ketika menggoreng masakan.

Pasti kesal ya, saat sedang seru masak kita harus mengalami hal menyakitkan ini. Apalagi tak jarang cipratan minyak panas membuat kita mendapati luka bakar. Nah saat itu terjadi, kita harus segera melakukan pertolongan pertama pada luka bakar sesaat setelah kecelakaan terjadi. Salah satunya menyiram bagian tubuh yang terkena cipratan minyak dengan air mengalir selama kurang lebih 10 menit.

Untuk selanjutnya, kamu juga harus paham bagaimana cara mengobati luka bakar supaya tidak semakin parah disesuaikan dengan jenis luka bakarnya. Beberapa jenis luka bakar berdasarkan seberapa banyak kulit kita terpengaruh, diantaranya:

 

bekas luka bakar

(Pic source: https://www.buoyhealth.com/learn/burns

  1. Luka bakar derajat satu (insert first-degree burn)

Luka bakar ini juga disebut luka superfisial. Luka ini hanya memengaruhi epidermis atau lapisan pertama kulit kita. Ditandai dengan kulit kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri yang masih bisa ditahan. Kebanyakan luka bakar tingkat ini tidak memerlukan perawatan medis. Cukup oleskan luka dengan aloe vera, madu, lotion, atau salep antibiotik.

  1. Luka bakar derajat dua (insert second-degree burn)

Luka bakar jauh lebih serius dibanding sebelumnya, karena lukanya memengaruhi lebih dalam dari lapisan atas kulit yaitu bagian dermis. Jenis luka bakar ini bisa menyebabkan kulit melepuh, berwarna sangat merah sekaligus terasa sakit, serta luka terkadang terlihat basah dan mengkilap. Luka bakar tingkat ini tidak sampai harus ditangani dengan operasi, namun tetap harus dijaga kebersihannya untuk mencegah infeksi. Selain itu, rawat lukanya dengan air dingin selama 15 menit atau lebih, jika terasa nyeri, minumlah obat pereda nyeri seperti acetaminophen atau ibuprofen, serta oleskan krim antibiotik pada luka yang melepuh.

  1. Luka bakar derajat tiga (insert third-degree burn)

Luka bakar tingkat tiga adalah yang paling parah dari jenis dua luka sebelumnya. Luka bakar ini menyebabkan kerusakan pada kulit paling besar, hingga meluas ke setiap lapisan kulit. Bahkan hingga menyebabkan komplikasi seperti infeksi, kehilangan darah, sampai syok yang menyebabkan kematian. Meskipun luka bakar jenis ini kerusakannya sangat luas, tapi justru luka ini terkadang tidak menimbulkan rasa sakit karena adanya kerusakan pada saraf kita. Tanda luka bakar ini ditunjukkan dengan munculnya area kulit yang berwarna putih dan coklat gelap seperti hangus, kulit terkelupas dan kasar saat disentuh, serta adanya lecet yang tidak meluas namun terjadi penebalan kulit seperti lilin yang tampak meluas. Oleh karena itu, penyembuhan luka bakar tingkat ini baiknya dibantu dengan bantuan medis bahkan hingga operasi, dan jangan sekali-kali mencoba mengobati lukanya sendiri ya!

Selain di atas, beberapa cara ini juga bisa dilakukan untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Eits! Tapi ga cukup sampai di situ, setelah luka bakarnya sembuh, bekas lukanya juga membuat kulit tampak menghitam dan kulit menjadi kering dan pastinya sangat mengganggu.  Tentunya harus kita rawat juga ya guys!. salah salah satunya dengan mengoleskan Dermatix Ultra yang mengandung CPX Technology dan Vitamin C Ester, yang terbukti klinis memudarkan bekas luka hingga 80%*.

Oleskan 2 kali sehari tipis-tipis pada bekas luka yang telah dibersihkan. Lakukan secara rutin selama 8 minggu pemakaian untuk mendapatkan manfaat Dermatix Ultra secara maksimal. 

Sekarang, kamu sudah ga perlu takut lagi deh melanjutkan hobi masak kamu! Tapi harus tetap hati-hati juga ya!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester
Sumber

https://www.healthline.com/health/burns#complications

https://www.healthline.com/health/first-degree-burn#prevention

https://www.healthline.com/health/burn-scars#types 

*Dr. Marjan Sepehrmanesh, 2006 Observational study of 1522 patients using Dermatix Gel Kompendium Dermatologie 1:30-32

 

 

Beli Dermatix® online dan kirim langsung ke rumah kamu

        tokopedia-logo-baru   Blibli   Lazada   logo-menarini-store   jdid-logo

RECENTLY VIEWED