Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

Ajarkan Personal Hygiene Pada Anak, Ini 5 Tipsnya

cover

Pandemic Covid-19 yang sedang melanda Indonesia membuat kekhawatiran yang cukup besar. Wabah yang kini menyerang seluruh dunia ternyata berdampak juga pada seluruh kegiatan kita sehari-hari, seperti bekerja, sekolah, usaha dan masih banyak lagi. Agar kamu dan keluarga bisa terhindar dari penyebarannya, hal yang paling utama harus dilakukan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Virus dan bakteri pastinya ada dimana-mana, dan bisa jadi mereka menempel di tubuh kamu dan si Kecil dalam waktu yang lama. Bentuknya yang tak kasat mata inilah yang bisa menjadi penyebab utama berbagai penyakit. So, yuk mulai kebiasaan hidup bersih atau personal hygiene pada si Kecil sejak usia dini:

Apa sih personal hygiene?

Personal hygiene adalah bagaimana kamu merawat kebersihan diri kamu sendiri. Prakteknya biasa kamu lakukan sehari-hari, seperti; mandi, mencuci tangan, menggosok gigi dan lain sebagainya. Personal hygiene ini wajib dilakukan setiap harinya karena kamu pasti melakukan kontak  dengan berbagai macam orang dan benda yang memungkinkan menjadi sarang virus dan bakteri.

Apa saja jenis personal hygiene?

Beberapa kategori personal hygiene yang utama untuk bisa kamu terapkan bersama si kecil antara lain: toilet hygiene, shower hygiene, nail hygiene, teeth hygiene, sickness hygiene and hands hygiene.

Nah Ladies, ini saat yang tepat untuk kamu mengenalkan dan mengajarkan kebiasaan hidup bersih kepada si Kecil. Berikut ini hal yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan kebiasaan personal hygiene bersama si Kecil:

tujuan
                            Photo by AbsolutVision on Unsplash

Jelaskan manfaat dan tujuan

Sebelum memulai, kamu bisa menjelaskan manfaat dan tujuan dari hidup bersih ini. Beri penjelasan tentang kebiasaan yang baik dan buruk, serta tujuan dan alasan mengapa kita harus menjaga kebersihan diri.

Atur pengingat

Buat jadwal bersama si Kecil: kapan waktunya mandi, memotong kuku, dan lain sebagainya. Buatlah jadwal semenarik mungkin agar si Kecil semangat dalam melakukan kegiatan ini. Kamu juga bisa menyetel alarm di ponsel sebagai pengingat jadwal.

Selain itu untuk kamu bisa mengajak si Kecil untuk membawa mainannya untuk diajak mandi dan latihan mempraktekan personal hygiene ini dengan mainannya. Hal ini bisa menjadi penyemangat si Kecil untuk lebih menjaga kebersihan dirinya.

simbol
                      Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Gunakan simbol/tanda atau gambar unik

Manfaatkan simbol atau gambar yang unik untuk membuat si Kecil mengingat apa yang harus dilakukannya. Misalnya, gambar mencuci tangan yang bisa ditempel di kamar mandi dan wastafel sebagai pengingat agar selalu mencuci tangan sebelum dan setelah makan, atau setelah menggunakan toilet. Tanda-tanda ini bisa membantu si Kecil untuk mengingat dan meningkatkan kebiasaan mereka dalam menjalankan kebiasaan hidup bersih.

Practice makes perfect

Mempelajari hal baru pastinya akan butuh waktu yang tidak sebentar, jadi kamu harus sabar ya Ladies. Kamu bisa memulai kebiasaan baru bersama si Kecil di awal minggu, misalnya mencuci tangan sebelum dan setelah makan. Ajari mereka satu-satu persatu secara perlahan. Misalnya jika dirasa si Kecil sudah mulai terbiasa dengan kegiatan mencuci tangan, kamu bisa menambahkan kebiasaan baru yang lainnya.

Berikan pujian

Jika si Kecil sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan barunya untuk melakukan personal hygiene, berilah mereka pujian karena telah berhasil melakukannya. Pujian ini akan menjadi penyemangat mereka untuk terus melakukan kebiasaan hidup bersih dan merawat dirinya.

Ladies, walau di rumah aja, bukan tak mungkin kamu mengalami cedera saat sedang bermain bersama anak. Namun tak perlu khawatir apabila hal itu terjadi.  Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merawat luka hingga kering dan benar-benar sembuh. Setelah itu rawatlah bekas lukanya dan #JanganSetengahSetengah !

Cobalah gunakan produk seperti Dermatix Ultra, yang sudah teruji secara klinis mampu membantu meratakan dan memudarkan bekas luka menonjol hingga 80%* dengan pemakaian yang teratur. Caranya, usapkan gel pada area bekas luka yang telah dibersihkan, setidaknya 2 kali sehari selama minimal 8 minggu.

Varian Dermatix Ultra sendiri beragam, mulai dari untuk bekas luka ringan (varian 5gr) hingga untuk bekas luka sedang (varian 9gr). Usapkan 2 kali sehari tipis-tipis pada bekas luka yang telah dibersihkan. Ulangi selama 8 minggu pemakaian untuk mendapatkan manfaat Dermatix Ultra secara maksimal. Perlahan, kamu bisa melihat sendiri perubahannya dari hari ke hari. Yuk, persiapkan dirimu agar penampilan tetap terawat!

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester
Sumber

*Berdasarkan studi observasi berskala besar - MUIH Centre Study oleh Dr. M. Sepermanesh. Kompedium Dermatologie 2006: 1: 30-32.

RECENTLY VIEWED