Copyright © 2020 Menarini Asia-Pacific
(Co. Reg. No. 200503853W)

4 Tanda Jahitan Operasi Caesarmu Akan Sembuh

Bagi Ladies yang menjalani proses melahirkan lewat operasi caesar, proses penyembuhannya mungkin tak akan sama dengan proses melahirkan secara alami. Tak perlu khawatir, ini adalah hal yang wajar. Pasalnya, luka operasi memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa pulih.

Operasi caesar tergolong operasi besar, karena dilakukan pemotongan lapisan jaringan untuk bisa menembus rahim. Apabila proses penyembuhan berjalan dengan lancar, keempat hal ini merupakan tanda-tanda yang umumnya akan kamu alami pasca operasi. Ya, inilah 4 hal yang bisa menjadi panduan bahwa bekas jahitanmu tengah menuju proses penyembuhan:

1. Sekitar 6 minggu pertama, luka bekas jahitan akan membaik. Biasanya, panjang jahitan operasi caesar mencakup ukuran 10-15 cm dengan lebar 0,3 cm. Apabila proses penyembuhan berjalan mulus, bekas tersebut perlahan akan nampak menyusut, dengan warna yang secara bertahap berubah menyerupai warna kulit aslimu.

2. Tekstur kulit di area bekas sayatan akan menjadi kering. Umumnya, area kulit ini tidak akan terasa sakit. Kamu disarankan untuk memakai obat yang dianjurkan oleh dokter, untuk menjaga area bekas luka atau jahitan tetap bersih dan tidak terlalu kering.

3. Seiring dengan kulit di area bekas luka atau jahitan yang mengering, terkadang kamu akan merasakan gatal. Hindari untuk menggaruknya, karena bisa menyebabkan perdarahan kembali di kemudian hari. Sesekali, lakukan kompres dengan heating pad atau kantong khusus berisikan air hangat. Tindakan ini juga baik untuk melancarkan sirkulasi darah pada area bekas luka jahitan, sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat. Namun, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter apabila merasakan gatal yang berlebihan.

4. Pada beberapa kasus, ibu dengan berat tubuh yang cenderung berlebih terkadang menemukan bahwa lokasi sayatan jadi turun di bawah lipatan kulit. Area tersebut jadi lebih mudah berkeringat, karena kondisinya yang lembab. Usahakan agar bekas luka tetap kering dengan menyekanya menggunakan handuk lembut atau kasa steril. Selain itu, gunakanlah pakaian berbahan katun yang cukup longgar dan nyaman bagi kulit.

Pasca kondisi luka membaik

 

Setelah beberapa minggu, luka jahitan akan mengering. Namun bagaimana dengan bekas lukanya? Bekas luka operasi caesar yang panjang ini tentu bisa mengganggu penampilanmu. Jangan hanya didiamkan, mulailah lakukan perawatan luka mengering.

Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan gel Dermatix® Ultra. Lho, yang terbukti secara klinis mampu memudarkan bekas luka (termasuk bekas luka pasca operasi) hingga 80%. Saat dioleskan, Dermatix Ultra akan langsung terasa lembut dan ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Gel ini juga baik untuk meredakan rasa gatal serta aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Dengan pemakaian rutin 2 kali sehari selama 8 minggu, kamu dapat melihat perubahan yang signifikan pada area bekas lukamu.

Proses penyembuhan luka jahitan pasca operasi caesar memang membutuhkan waktu. Namun dengan perawatan yang tepat dan telaten, kondisi kulitmu perlahan akan kembali membaik. Yang terpenting, jalani dengan santai dan senantiasalah berkonsultasi ke dokter apabila ada hal yang membingungkan. Semoga bermanfaat! 

PUDARKAN BEKAS LUKAMU SEKARANG
Meratakan, menghaluskan, dan memudarkan bekas luka
Mudah digunakan, cepat kering, dan tidak berminyak
Dengan formula inovatif CPX technology dan vitamin C Ester

RECENTLY VIEWED