Trik Rambut Beach Wave ala Hollywood dengan Catokan Pelurus



Ingin mewujudkan tatanan rambut ikal atau beach waves tapi cuma punya catokan pelurus di rumah? Siapa bilang tak bisa, Ladies? Selain bisa mendapatkan tampilan beach waves yang natural, kamu juga bisa menciptakan ulir ikal klasik hanya dengan menggunakan catokan pelurus.

Penata rambut bintang Hollywood sekaligus pendiri label Ouai Haircare, Jen Atkin, sempat membagikan tutorial di Vogue Australia tentang cara mudah menciptakan tatanan beach waves di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah keramas, aplikasikan produk penguat tekstur ikal seperti curl cream atau wave spray pada rambut dalam kondisi setengah kering.
  2. Keringkan rambut dengan temperatur medium. Akan lebih baik jika kamu memiliki diffuser untuk hairdryer, untuk menjaga rambut tetap bertekstur dan tidak mengembang.
  3. Catok satu per satu tiap bagian rambut dengan melengkungkannya ke arah luar dan dalam, seperti membentuk huruf “S”. Lakukan dengan arah berlawanan pada tiap bagian rambut agar hasil akshirnya lebih bervolume dan tampak natural.
  4. Pada bagian rambut depan, kamu bisa menarik gelombangnya ke arah yang menjauh dari wajah. Setelah tiap bagian rambut sudah dikerjakan, semprotkan hair spray berformula ringan untuk mengunci tatanannya. Simpel, bukan?

Nah, jika ingin mendapatkan tampilan yang lebih feminin, kamu juga bisa berkreasi dengan catokan pelurus di rumah. Bryce Scarlett, penata rambut internasional yang kerap diandalkan oleh aktris Margot Robbie, sempat berbagi pemahamannya dengan Good Housekeeping, “Konsep membuat rambut ikal dengan catokan pelurus sama dengan ide melengkungkan pita menggunakan gunting,” ujarnya. Berikut langkah yang bisa kamu coba:

  1. Sebelum mempertemukan rambut dengan catokan, aplikasikan produk heat protection terlebih dulu untuk melindunginya dari kerusakan akibat panas.
  2. Terapkan teknik twist and pull. Mulai dari pangkal rambut (dekat akar), jepit satu bagian rambut menggunakan catokan, putar setidaknya 180 derajat, lalu tarik catokan hingga ke ujung rambut. Lakukan langkah ini ke dua arah yang berlawanan untuk tiap bagian rambut, ke arah luar dan dalam. 
  3. Kalau ingin hasilnya benar-benar “matang”, tak perlu menyisir rambut setelah proses curling selesai. Namun jika ingin hasilnya lebih natural, kamu bisa menyisirnya menggunakan jari atau sisir bergerigi renggang.
  4. Akhiri dengan menyemprotkan hair spray berkekuatan medium.

Menguasai beberapa teknik penataan rambut hanya dengan menggunakan satu jenis catokan ini tentunya sangat bermanfaat. Selain hemat biaya dan tempat penyimpanan, kamu juga tak perlu lagi deh membawa banyak peralatan rambut ketika traveling.

Selain memperhatikan tekniknya, kalau belum biasa memakai straightening iron untuk mengeritingkan rambut, kamu harus ekstra hati-hati, Ladies! Banyak kasus di mana tangan, leher, telinga, hingga wajah terkena luka bakar akibat tidak sengaja tersentuh dengan catokan.

Jangan dianggap sepele, karena gagang catokan yang panas ini bisa menimbulkan luka bakar derajat satu hingga dua jika terkena kulit. Jika hal ini sampai terjadi, kamu bisa melakukan pertolongan pertama dengan membersihkannya menggunakan air bersih atau gel lidah buaya untuk menenangkan luka bakar.  Atau jika tergolong parah, setelah dibersihkan dengan air mengalir, bisa berkonsultsi ke fasilitas kesehatan terdekat.

Biasanya untuk luka bakar derajat satu dan dua, dokter akan meresepkan antibiotik topikal yang pemakaiannya bisa dilanjutkan di rumah. Intinya, kalau sampai terkena luka bakar, pastikan penanganannya tepat agar tidak menimbulkan permasalahan lainnya. Walaupun sudah dirawat hingga sembuh sepenuhnya, luka bakar seringkali meninggalkan bekas. Untuk yang satu ini kamu tak perlu khawatir. Dengan gel topikal seperti Dermatix® Ultra,  kamu bisa merawat kondisi bekas lukamu dengan baik.

Gel topikal tersebut dapat membantu memudarkan dan meratakan beragam tipe bekas luka menonjol, seperti misalnya saat terjatuh atau terkena hair iron. Dibekali dengan kombinasi CPX Technology dan Vitamin C Ester, Dermatix® Ultra  bekerja baik lewat pemakaian rutin sekitar 8 minggu, dengan mengoleskannya 2 kali sehari pada area bekas luka.

Tekstur gelnya yang berwarna bening sangat mudah meresap, cepat kering, dan tidak meninggalkan sensasi tertentu. Terlebih, Dermatix® Ultra bisa tetap kamu gunakan di bawah makeup, mengingat bekas luka bakar akibat catokan biasanya berada di area sekitar wajah atau leher. Pokoknya tak ada alasan deh untuk takut berkreasi dengan rambutmu. Semoga bermanfaat, Ladies!

Tags : independence in daily life dermatix ultra #JanganSetengahSetengah Ketahui caranya

Posted on, 24.08.2019