Tips Persiapkan Barbecue dengan Aman







Catching up dengan sahabat maupun keluarga bisa dilakukan di mana saja. Mulai dari ngopi di kafe kekinian, hingga kumpul seru-seruan di rumah. Kalau kamu termasuk orang yang lebih suka ambiance yang personal, maka berkumpul di halaman belakang rumah bisa jadi opsi yang tepat. Apalagi jika dilakukan sambil barbecue party! Nah supaya berlangsung aman, berikut ialah beberapa persiapan yang wajib untuk dilakukan:

Jika menggunakan arang 

Disarankan untuk memanfaatkan arang sebagai sumber panas, dibandingkan dengan briket atau balok batubara. Briket, terutama, memang cepat menyala dan lebih tahan lama, namun menggunakannya akan merubah rasa makanan dan memiliki sentuhan rasa kimia di dalamnya. Apalagi kalau kamu menambahkan minyak tanah untuk mempercepat proses pembakaran. Berbeda kalau kamu memakai arang. Walaupun memang akan cepat terbakar dan cepat padam, arang cenderung memberikan rasa yang lebih ‘bersih’ pada makanan yang kamu panggang.

Salah satu cara paling mudah dan sehat untuk menyalakan api di dalam panggangan barbecue adalah dengan menaruh kertas koran pada bagian dasar, lalu tumpuk arang pada bagian atas. Nyalakan api dan tunggu sekitar 15-20 menit, barulah kamu siap untuk memasak.

Jika menggunakan gas

Pastikan kamu membuka penutup gas sebelum menyalakannya, untuk menghindari ledakan akibat gas yang terkumpul di balik tutup. Panaskan panggangan selama 10 menit untuk mendapatkan panas yang setara layaknya panggangan arang. Setelah itu, barulah kamu bisa mulai memasak bahan makanan.

Cek temperatur panggangan

Untuk memastikan apakah panggangan sudah siap untuk dipakai, taruh tanganmu dengan jarak sekitar 10 cm di atas panggangan. Hitung sampai tiga. Kalau sebelum memasuki hitungan ketiga tanganmu sudah terasa panas, artinya panggangan tersebut sudah bisa digunakan.

Gunakan aluminium foil

Panggangan yang sangat panas biasanya bisa membuat daging yang kamu masak jadi terlalu gosong. Ada tips yang bisa dilakukan agar panas panggangan dapat efektif memproses daging tanpa menyebabkan gosong. Caranya, letakkan aluminum foil di atas panggangan selama 10 menit, dan angkat sebelum kamu mulai memasak.

Antisipasi sambaran api

Biasanya selalu ada saja sambaran api meski kamu sudah mengurangi lemak yang ada pada daging, hingga meminimalisir minyak yang terdapat pada bumbu marinade yang digunakan. Kalau hal ini sampai terjadi, kurangi risiko sambaran api dengan memindahkan makanan di area tengah panggangan ke bagian luar yang panasnya tak terlalu intens. Mudah, bukan?

Nah, walau semua tips sudah dilakukan, tidak menutup kemungkinan kecelakaan kecil terjadi, mulai dari terkena sambaran api atau tak sengaja terkena panasnya besi panggangan. Jika kamu terluka karenanya, maka atasi lukanya dengan cepat. Pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan air yang mengalir, lalu beri cairan antiseptik, dan balut lukanya dengan perban bila diperlukan.

Luka sudah kering? #JanganSetengahSetengah Ladies, lanjutkan dengan perawatan bekas luka menggunakan Dermatix® Ultra! Gel topikal dengan CPX technology dan kandungan vitamin C Ester ini bisa digunakan pada banyak jenis bekas luka menonjol. Jadi jangan setengah-setengah saat memilih produk bekas luka, langsung pilih yang teruji klinis dan mampu pudarkan bekas luka secara maksimal! 

Tags : Kitchen bekas luka PahamiSolusinya #JanganSetengahSetengah dermatix November

Posted on, 04.12.2018