Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Perubahan cuaca yang mendadak dan tak tentu di awal tahun memang bukan hal yang aneh. Biasanya ini pertanda kita sedang memasuki musim pancaroba, yakni masa peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan atau sebaliknya. Biasanya di musim ini daya tahan tubuh kita akan sedikit menurun dan jadi gampang sakit. Nah Ladies, kalau salah satu resolusi kamu tahun 2019 ini hidup sehat, saatnya kamu fokus menjaga tubuh agar tetap fit dengan 5 tips berikut:

1. Makan bernutrisi

Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur, protein, vitamin dan mineral untuk menjaga daya tahan tubuh kamu tetap terjaga. Seperti yang diutarakan oleh Kevin William Hutomo, ahli kesehatan dari RS Permata Depok dalam salah satu artikel di detik.com, "Penting untuk makan teratur, makan makanan yang sehat dan bergizi, dan tentunya jangan lupa minum vitamin."

Sebaiknya, hindari makanan cepat saji, tinggi lemak dan makanan instan juga olahan. Semakin banyak proses yang dilalui oleh bahan makanan, berarti semakin banyak zat aditif yang ditambahkan dan membuatmu rentan sakit. Salah satu cara agar kamu tahu asupan nutrisi seimbang dari makanan yang akan kamu konsumsi adalah dengan memasak dan menyiapkannya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kebersihan makanannya pun lebih terjaga.

 2. Istirahat cukup

Ladies, istirahat dengan waktu yang cukup adalah suatu kewajiban karena orang yang tidur delapan jam sehari memiliki daya tahan tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. Ciptakan suasana yang nyaman dan hening untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jangan lupa, sediakan baju hangat untuk menjaga tubuhmu dari dinginnya cuaca yang tidak menentu.

3. Minum air putih

Selain konsumsi makanan bernutrisi, asupan cairan juga sangat penting agar tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik. Air putih juga dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah tubuh terkena infeksi. Anjuran minum minimal 8 gelas sehari atau setara 2 liter harus tetap terpenuhi untuk membantu pencernaan kamu tetap sehat. Selalu bawa botol minum agar kamu selalu ingat memenuhi kebutuhan cairan harian. 

4. Rajin cuci tangan

Hati-hati, tangan bisa jadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri karena benda yang kita pegang. Dengan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas, tubuh bisa terhindar dari risiko penyakit di musim pancaroba.

Cara mencuci tangan yang baik dan benar adalah menggunakan sabun. Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir. Lalu gosok sabun ke telapak, punggung tangan dan sela-sela jari. Bersihkan bagian bawah kuku, dan bilas tangan dengan air bersih mengalir. Terakhir keringkan tangan dengan handuk, tisu atau udara dengan cara diangin-anginkan.

5. Rutin berolahraga

Dengan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari, tubuhmu akan tetap bugar dan sehat. Tidak perlu olahraga berat, kamu juga bisa melakukan olahraga sederhana yang mudah dilakukan, seperti jalan santai di pagi atau sore hari, yoga maupun bersepeda. Agar tidak bosan berolahraga, cobalah serangkaian olahraga yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Namun kamu harus tetap waspada akan risiko cedera dan luka yang bisa terjadi saat sedang berolahraga. Selalu sediakan perangkat pertolongan pertama (P3K) untuk mengobati lukanya. Nah, biasanya luka yang sudah mengering akan meninggalkan bekas luka di kulit. Tapi kini kamu tak perlu khawatir lagi dengan bekas lukanya, karena ada Dermatix® Ultra yang selalu siap beraksi.

Formula CPX Technology dan Vitamin Ester C pada Dermatix® Ultra bekerja baik untuk meratakan dan membantu memudarkan bekas luka menonjol dan menghitam berkat kandungan vitamin C Ester yang dilengkapi dengan CPX Technology. Berbentuk gel yang lembut dan transparan, kulit tetap terasa nyaman dan tidak kering setelah pemakaian. Terlebih, gel topikal ini tahan air sehingga tak masalah jika kamu mau menggunakannya sebelum berolahraga maupun sebelum mengenakan makeup. Yang penting, #JanganSetengahSetengah deh dalam merawat bekas luka untuk mendapatkan hasil yang maksimal! 

Tags : Resolution PahamiSolusinya Januari dermatix #JanganSetengahSetengah

Posted on, 22.02.2019