Tetap Segar dan Cantik, walaupun Sedang Berpuasa

Selama berpuasa, tidak jarang bibir dan kulit kering jadi masalah yang sering kamu alami. Kurangnya asupan makanan dan minuman, pola makan yang salah, dan jam tidur yang mengalami perubahan akan memengaruhi kondisi kulit.

Nah, supaya Lebaran nanti kulit kamu bebas dari kusam, yuk ikuti tips berikut! 

Memastikan cukup asupan cairan 

Selama lebih dari 12 jam, tubuh kamu tidak mendapatkan asupan cairan karena berpuasa, akibatnya kulit pun tidak terhidrasi dengan baik. Karena itu, cukupi kebutuhan cairan tubuhmu dari saat sahur sampai berbuka. Kamu bisa pakai rumus 2-4-2, dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam, dan dua gelas saat sahur.

Menurut penelitian, minum 2,5 liter air dalam sehari dapat meningkatkan ketebalan dan kepadatan kulit. Dengan menjaga asupan cairan, artinya kamu sudah menjalankan salah satu usaha agar kulit tetap terlihat cantik saat puasa. 

Perbanyak konsumsi buah 

Pilih buah yang banyak mengandung air karena selain dapat menutrisi kulit, Buah yang mengandung banyak air dapat ikut memberikan kontribusi cairan yang dibutuhkan tubuh. Alternatif yang bisa kamu pilih adalah semangka, stroberi, nanas, dan jeruk.

Buah bisa dimakan langsung atau dijus untuk sajian minuman menyegarkan ketika berbuka. Tapi batasi penggunaan pemanis tambahan seperti susu kental manis dan gula yang berlebihan. 


Rutin menggunakan pelembab dan tabir surya 

Produk ini akan membantu kulit menjaga kadar air dan membuat wajah tetap lentur, terutama saat asupan air dan nutrisi tertunda karena kamu menjalani puasa. Gunakan pelembab setiap akan beraktivitas. Sebaiknya pilih pula yang ada kandungan SPF-nya, supaya kulit terlindung dari paparan sinar ultraviolet yang berdampak buruk bagi kulit.

Untuk malam hari, gunakan pula pelembab dengan formula khusus, atau yang biasa dikenal dengan night cream. Formulanya akan menghidrasi kulit yang terpapar hawa AC selama kamu tidur.

Kulit di bibir kamu juga salah satu yang rawan akan kekeringan saat berpuasa. Untuk itu, selalu bawa lip balm kemana pun kamu berada. Pilih lip balm yang mengandung moisturizer dan vitamin, sehingga lebih ampuh untuk menjaga kelembaban bibir.

Dan ingat, perhatian untuk kulit jangan setengah-setengah. Artinya bukan cuma kelembabannya saja yang jadi concern kamu, tapi juga perawatannya. Khusus bekas luka, berilah perawatan lebih agar dapat berangsur pudar dan membuatmu tambah percaya diri. Rahasianya cuma Dermatix Ultra, yang merupakan inovasi terbaru dengan formula perawatan bekas luka. Salep ini terbukti efektif memudarkan, meratakan, dan menghaluskan bekas luka menonjol. Cukup oleskan Dermatix Ultra secara teratur, dua kali sehari selama delapan minggu. Hasilnya, kamu bakal bangga dengan kulit mulusmu.

Istirahat yang cukup 

Waktu istirahat akan berkurang saat bulan puasa, karena Anda harus terbangun untuk sahur dan tidak semua dari kamu bisa kembali tidur lagi setelahnya. Padahal kurang jam tidur bisa berpotensi bikin kulit lelah dan menimbulkan noda hitam di sekitar mata.

Usahakan, jangan tidur terlalu larut malam dan menyelipkan power nap di siang hari. Power nap selama 15-30 menit bisa menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kinerja dan produktivitas, serta menyegarkan pikiran. Karena jika jam tidur ideal sekitar 7 jam sehari terpenuhi, kulit akan tetap sehat dan bersinar.

Terakhir, ingat deh kalau puasa bukan berarti kamu malas beranjak dari ruang ber-AC, lho. Biar kulit tidak terasa makin kering, kamu perlu batasi berada di ruang bersuhu rendah. Secara berkala kamu perlu berada di ruang bersuhu normal, agar kulit kamu tetap bisa ‘bernapas’. Kalau perlu lakukan exercise sederhana, biar peredaran darah di tubuhmu lebih lancar.

Semoga lancar puasanya, ya, Ladies. 

Posted on, 08.06.2018