Suka Diving? Jangan Lupakan Perawatan Penting ini

Apakah kamu termasuk pecinta olahraga outdoor? Sudah kebayang serunya, dong. Selain sehat, olahraga outdoor juga menawarkan pemandangan seru.

Apalagi kalau bicara soal diving. Olahraga sambil menikmati indahnya pemandangan bawah laut! Wow, pastinya keindahannya memanjakan mata dan bisa bikin relaks.

Kamu termasuk penyuka diving? Kalau begitu, urusan menjaga kesehatan dan keindahan kulit tentu wajib dilakukan, mengingat olahraga diving berpotensi bikin kulit rusak. Begini panduannya:

Wajib pakai sunblock

Sinar matahari pagi memang baik untuk kulit, namun terus-menerus terpapar sinar matahari secara langsung dapat menimbulkan efek buruk pada kulit seperti terbakar dan flek hitam. Bahkan, yang lebih parah bisa menyebabkan kanker kulit.

Buat kamu yang hobi diving, disarankan untuk mengenakan baju diving, atau yang dikenal dengan istilah wetsuit. Sebaiknya pilih dari bahan spandex yang nyaman dan bisa melindungi tubuh dari paparan sinar matahari.

Tapi, yang pasti, kamu harus tetap pakai sunblock ber-SPF yang berfungsi melindungi dari paparan ultra violet B (UV B). SPF bisa diukur dengan angka, misal 30 atau 50. Angka tersebut merupakan kisaran jangka waktu perlindungan tabir surya untuk kulit. Jadi semakin tinggi SPF-nya, maka akan melindungi dengan rentang waktu lebih lama.

Keramas dan pakai conditioner

Usai diving, kamu harus mandi bersih dan cuci rambut. Setelah itu, sangat disarankan kalau kamu perlu pakai conditioner. Fungsinya untuk menutrisi rambut yang terkontaminasi air laut dan paparan sinar matahari.

Setelah diving, sebaiknya cuci rambut dengan air hangat supaya pori-pori kulit kepala terbuka. Kemudian pakai conditioner, mulai dari ujung hingga batang rambut bagian tengah, sementara hindari mengoleskannya pada permukaan kulit. Setelah lima menit, bilas rambut dan kepala dengan air dingin agar pori-pori segera menutup.

Bersihkan dan potong kuku

Perawatan untuk kuku kaki dan tangan juga tidak kalah penting, lho Ladies. Bukan sekadar untuk bergaya dengan kuteks atau model manicure terbaru. Tapi ingat saat di laut, kaki kamu akan terkontaminasi banyak hal. Mulai dari pasir, air laut, sampai kotoran. Kuman dan bakteri pun jadi mudah masuk ke kuku.

Kalau mau praktis dan tidak repot, selesai diving segera lakukan manicure dan pedicure di salon. Atau, kalau mau di rumah, rendam kaki dengan air hangat dan sikat ujung-ujungnya pakai sabun. Setelah itu baru potong kuku, saat kuku sudah dalam keadaan lunak dan bersih.

Banyak minum air putih

Kulit kering akibat diving di laut bisa bikin kamu kelihatan kusam. Pastinya jadi tidak pede. Selain skin care,cara termudah mengatasinya adalah dengan rajin mengonsumsi air putih, sehingga kulit terhidrasi dengan baik dan lembab alami.

Scrubbing supaya bersih

Berlama-lama di dalam air laut pastinya bikin tubuh kotor. Saat mandi, sempatkan untuk scrubbing buat membersihkan kulit dari sel-sel mati dan bisa beregenerasi dengan maksimal. Tapi jangan lakukan scrubbing terlalu sering karena bisa mengurangi kelembaban alami kulit. Selesai scrubbing, jangan lupa pakai body lotion untuk kembali melembabkan kulit.

Obati luka dan samarkan bekasnya

Satu hal yang sulit dihindari saat diving adalah kemungkinan luka akibat tergores karang di dalam air. Ketika itu terjadi, segera cuci bersih luka dengan alkohol dan obati, ketika kamu sudah berada di daratan.

Selain itu, kamu tidak usah gusar kalau luka itu bakal meninggalkan bekas dan menggangu penampilan. Memang perawatan apapun jangan setengah-setengah. Itu artinya, kamu wajib pakai Dermatix Ultra. Mengandung CPX Technology dan vitamin C Ester, Dermatix Ultra bisa membantu meratakan bekas luka dan memudarkan bekas luka, bila kamu oleskan secara teratur, dua kali sehari dalam delapan minggu.

Nah, kalau sudah paham dan melakukan rangkaian perawatannya, pasti kamu makin cinta diving. Tubuh tambah sehat dan bugar, pikiran makin relaks dan senang. Yang paling penting, penampilan makin cantik plus percaya diri. Congrats, Ladies.

Posted on, 11.06.2018