Recycle Minyak Goreng, Ini Cara yang Aman!

Ladies, siapa di sini yang suka memakai minyak goreng berulang kali saat memasak? Beragam alasan mulai dari kepraktisan hingga hemat biaya dikemukakan. Namun apakah ini aman? Menurut Robert Wolke, scientist dan penulis buku What Einstein Told His Cook, minyak yang sudah dipanaskan akan bereaksi kimia. Ini yang membuat teksturnya jadi nampak lebih kental dan berwarna semakin gelap. Begitu warnanya sudah sangat keruh dan mengeluarkan busa saat dipanaskan, artinya minyak goreng sudah tidak layak dipakai lagi.

Minyak goreng terbilang masih aman dimanfaatkan kembali jika kondisinya jernih, tidak kotor, dan tidak berbau. Idealnya, minyak goreng cukup dipakai dua hingga tiga kali. Namun, jangan langsung menggunakan minyak yang sudah dipakai begitu saja. Setidaknya, lakukanlah satu dari 3 tips mudah berikut ini:

1. Saring minyak

Hal ini terutama diperlukan untuk minyak yang sebelumnya dipakai menggoreng makanan berbumbu, seperti ayam kremes, empal, dan sebagainya. Caranya ialah menyaringnya menggunakan saringan berbahan stainless steel yang kuat. Kemudian, tempatkan di mangkuk dari kaca, dan tutup rapat. Kaca memang material terbaik dibandingkan plastik maupun logam, yang berisiko memunculkan reaksi kimia jika dipakai untuk menyimpan minyak. 

2. Pakai bahan penyerap

Untuk menghilangkan sisa makanan yang melekat pada minyak yang telah dipakai, kamu dapat mencoba menggunakan bahan penyerap. Ada 2 bahan penyerap yang bisa dimanfaatkan, yakni nasi dan kentang. Untuk nasi, pertama-tama buatlah kepalan nasi yang padat seukuran kepalan tangan. Kemudian, masukkan ke dalam minyak yang dalam keadaan panas. Terus bolak-balik dan tekan perlahan, hingga semua remah atau kotoran yang ada pada minyak nampak menempel di kepalan nasi tersebut.

Jika kamu ingin menggunakan kentang, prosedurnya hampir sama. Potong kentang menjadi empat bagian, lalu masukkan ke minyak di penggorengan. Potongan kentang akan melakukan fungsi yang sama dengan nasi. Menarik, bukan?

3. Endapkan semalaman

Nah, trik yang ini bisa dilakukan untuk menyaring minyak yang habis digunakan untuk menggoreng bahan makanan bertepung. Setelah dipakai, diamkan minyak di wajan selama semalaman. Sisa-sisa tepung pun akan mengendap di bagian bawah. Nah , bagian atas yang jernih itulah yang nanti esoknya bisa kamu gunakan kembali!

Bagaimana, mudah bukan? Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, kamu pun bisa kembali menggunakan minyak tersebut hingga maksimal 2 kali pemakaian. Namun tetaplah berhati-hati kala memasak ataupun menyaring minyak. Terkena cipratan minyak panas bukan hanya membuat nyeri, namun juga bisa menimbulkan luka bakar.

Bila hal tersebut terjadi, segera cuci lukamu di bawah air mengalir, lalu berikan cairan antiseptik serta balut luka dengan kasa steril agar luka terhindar dari kotoran. Setelah luka kering, kini giliran merawat bekas lukanya deh!

Untuk bekas luka yang sudah mengering, optimalkan perawatannya agar tak mengganggu penampilanmu. Coba deh aplikasikan Dermatix® Ultra, yang memiliki kandungan Cyclopentasiloxane (CPX) dan vitamin C Ester, yang bekerja untuk meratakan dan memudarkan bekas luka menonjol.

Cara pakainya tidak sulit. Oleskan gel seukuran butir jagung secara tipis dan merata pada area bekas luka. Terus lakukan ini 2 kali sehari. Kamu pun bisa melihat sendiri perubahannya, setelah pemakaian rutin selama minimal 8 minggu. Hal ini seperti yang dialami oleh Putri Widiastuti, seorang mahasiswa yang punya bekas luka akibat cipratan minyak goreng.

"Sekitar 2 bulan setelah luka kering, bekas luka saya tak kunjung hilang. Saya pun mencoba Dermatix® Ultra, yang saya aplikasikan 2 kali sehari. Dalam waktu 4 minggu, bekas lukanya pun mulai nampak memudar. Sekarang jadi tidak harus putar otak lagi untuk menutupi bekas lukanya! Memasak pun jadi makin semangat dan bebas cemas!"

Putri sudah merasakannya. Kamu pun bisa mencobanya sendiri apabila memiliki bekas luka yang ingin segera ditangani. Pokoknya ingat satu hal ya Ladies: #JanganSetengahSetengah saat mengoleskan Dermatix, gunakan sesuai anjuran untuk hasil terbaik. Semoga bermanfaat, ya! 

Tags : Kitchen bekas luka PahamiSolusinya #JanganSetengahSetengah dermatix November

Posted on, 04.12.2018