Ide Kue Lebaran Simple, Bisa Kamu Bikin Sendiri

Setelah sebulan berpuasa, saatnya merayakan kemenangan di hari Lebaran. Pastinya seperti perayaan lain, Lebaran identik dengan sajian enak. Salah satu yang tak boleh ketinggalan di atas meja tentu saja kue kering.

Bisa saja, sih pesan atau beli di toko, tapi pasti rasanya kurang greget waktu disajikan. Maka dari itu, ada baiknya kalau kamu bikin sendiri kuemu dengan pilihan jenis kue yang simpel dan lezat. 

-Choco chips 

Bukan sembarang choco chips, kukis bersalut kepingan coklat ini akan terasa lebih nikmat bila kamu bikin sendiri! inilah rahasia untuk membuat choco chips yang bahkan lebih nikmat daripada yang dijual di supermarket!

Agar choco chips berpinggiran renyah, namun chewy di bagian tengahnya

Untuk membuat adonan, daripada menggunakan tepung serbaguna ada baiknya ganti tepung dengan yang bergluten tinggi serta tambahkan 1/4 sendok teh baking powder agar choco chips terasa renyah namun juga chewy di bagian dalamnya.

Selain itu, bekukan adonan 30-60 menit sebelum dipanggang. Dengan dibekukan, mentega dalam adonan akan memadat, sehingga tak melebar saat dipanggang.

Agar choco chips memiliki tampilan yang sempurna

Warna golden brown merupakan rona yang paling digemari dalam choco chips. Untuk itu, pasang ovenmu pada suhu tinggi karena proses karamelisasi akan terjadi lebih cepat. Selain itu, kamu bisa menambahkan sirup jagung pada adonan agar warnanya lebih memikat.

Agar choco chips terasa lebih lezat

Agar rasanya lebih seimbang, gunakan setengah mentega dan setengah shortening supaya rasanya lebih pekat. Selain itu, kamu juga bisa mendinginkan adonan minimal 24 jam sebelum dipanggang agar rasanya makin kaya lagi! 

-Kaastengel 

Merupakan salah satu kukis yang paling digemari, gak ada salahnya kalau kamu isi toples-toples di rumahmu dengan kue yang rasanya gurih ini. Agar rasanya makin lezat dan renyah, kamu bisa gunakan trik ini pada adonan!

Pakai tepung protein rendah.

Tepung jenis ini rendah gluten, sehingga kaastengel akan terasa lebih renyah ketika matang. Sebelum dicampurkan dalam adonan, sebaiknya tepung diayak terlebih dahulu agar lebih mudah tercampur dan tekstur kue juga menjadi lebih ringan.

Gunakan gabungan mentega dan margarin untuk tekstur sempurna

Campuran dua lemak ini memang sering diandalkan untuk membuat kue. Mentega terkenal dengan rasa yang khas serta membuat kue kering lebih beraroma harum dan lembut. Di sisi lain, margarin merupakan jenis lemak yang tak mudah leleh meskipun diletakkan dalam suhu ruang. Maka dari itu, kue kering yang memakai margarin cenderung lebih renyah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan mentega dan margarin dengan rasio 1:2. Tapi kalaupun kamu cuma punya stok mentega, pastikan mentega dalam kondisi dingin ketika dibentuk menjadi adonan.

Pakai keju beraroma untuk rasa lebih cheesy

Menjadi bahan kunci pembuatan kaastengel, keju memang menimbulkan aroma wangi dan rasa asin yang khas. Nah, supaya rasa dan aroma kaastengel lebih terasa, pilih jenis keju dengan aroma kuat dan berumur cukup tua. Biasanya, keju gouda dan parmesan dipilih sebagai isian kaastengel, sedangkan keju cheddar digunakan untuk topping.

Nastar

Sering berdampingan dengan kaastengel, kue nastar memang merupakan salah satu kue yang spesial dengan gabungan rasa asin dan manis dalam satu gigitan. Untuk membuat nastar yang super enak, ini rahasianya!

Agar nastar tidak bertekstur keras :

Hindari mengocok mentega terlalu lama, karena nastar bukan jenis kue yang harus mengembang berlebihan. Aduk adonan dengan spatula, jangan langsung pakai tangan, karena panas tubuh bisa membuat mentega mencair. Keluarkan kue sedikit demi sedikit saat mencetak, simpan sisa adonan di dalam kulkas dengan plastic wrap agar mentega tidak meleleh.

Untuk menghindari tekstur nastar retak:

Jangan memanggang adonan dengan suhu terlalu tinggi. Set oven di suhu 150'C - 160'C. Dan sebaiknya kulit nastar tidak boleh terlalu tipis atau isian selai jangan terlalu besar.

Agar tampilan nastar terlihat cantik

Untuk mengoles permukaan kue, agar kuning sempurna, kamu bisa pakai bubuk pengoles atau dikenal dengan baker's shine powder, yang bisa dibeli di toko bahan kue. Bubuk ini ketika diencerkan dengan air akan mengental sama seperti kuning telur. Atau, bisa juga, campurkan kuning telur dengan sedikit madu. Waktu pengolesan disarankan saat kue setengah matang.

Penting buat setiap bakers!

Nah, namanya juga kue kering, pastinya oven jadi kunci utama dalam pengolahannya. Pastikan oven selalu dipanaskan sebelum proses pemanggangan. Tujuannya supaya kondisi panasnya sudah merata, saat kue kering siap dipanggang. Periksa dulu kondisi panasnya, sesaat sebelum memasukkan adonan ke dalam panggangan.

Tidak usah cemas dengan ancaman luka bakar ringan akibat panasnya oven saat memanggang kue. Jika sampai terjadi, segera aliri luka dengan air keran dan oleskan larutan saline. Setelah lukanya benar-benar kering, oleskan Dermatix Ultra. Gel ini akan membantu menjaga kelembaban kulit yang sensitif di area bekas luka dan memberikan perlindungan terhadap gangguan kimia, fisik, maupun mikrobial.

Dermatix Ultra juga akan membantu proses pembentukan kolagen yang lebih baik dan memperbaiki tampilan bekas luka. Untuk hasil yang optimal, pakai Dermatix Ultra secara teratur, 2 kali sehari setelah mandi, selama delapan minggu.

Dengan bekas luka yang telah pudar, hari Lebaran pun akan lebih ceria. 

Posted on, 08.06.2018