5 Trik Food Photography yang Simpel untuk Percantik Feed Instagram





Buatmu yang suka mengunggah foto makanan ke Instagram, pasti menyadari kalau visualisasi kamera bisa berbeda dengan penglihatan mata kita. Karenanya diperlukan penyajian khusus agar hasil potretnya bisa tampak photogenic. Menariknya nih, hasil penelitian dari Saint Joseph's University dan University of San Diego mengemukakan bahwa memotret makanan tanpa sadar bisa berdampak pada psikologi kita saat makan, lho. Ya, kabarnya memotret makanan sebelum mencicipinya bisa membuat rasanya jadi lebih nikmat 2 kali lipat!

Lantas, bagaimana caranya agar memotret makanan bisa menghasilkan foto yang menarik? Yuk, simak beberapa tipsnya:

Pilih materi makanan dengan cermat 

Yang satu ini simpel, namun jadi faktor penting dalam food photography. Pilih dengan cermat bahan makanan yang bisa memperkuat aspek visual dari fotomu. Beberapa contoh yang disarankan ialah buah naga atau alpukat, yang warnanya akan sangat cantik apabila diabadikan. Lelehan keju mozarella juga biasa dijadikan andalan dalam mempercantik tampilan hidangan, karena bisa memberikan efek yang baik dari segi tampilan untuk menggugah selera

Tata tampilan makanan dengan apik

Menurut fotografer sekaligus editor, Honda Trenggono, posisi makanan juga wajib ditata dengan baik. Termasuk juga alat pendukung yang digunakan, mulai dari sendok, garpu, hingga piring. Pengaturan ini bukan hanya dari segi warna, namun juga komposisi agar foto tak terlihat terlalu crowded sehingga menyulitkan mata untuk fokus pada makanannya.

Pentingnya pencahayaan

Apabila makan di siang hari, manfaatkan deh sinar matahari agar hasil fotomu bisa tampak natural. Mengapa? Sebab terkadang penggunaan flash justru membuat makanan terlihat flat. Nah jika ruangan yang kamu gunakan cenderung gelap, barulah manfaatkan alat bantu seperti mini LED ataupun senter dari fitur smartphone. Nah untuk foto makanan, umumnya disarankan untuk memberikan lighting dari samping atau belakang. Hindari memberinya dari depan, agar dimensi fotonya bisa lebih kuat terlihat.

Penentuan angle foto

Untuk makanan berbentuk bulat, angle dari atas ialah sudut yang paling disarankan. Sedangkan untuk makanan yang disajikan dalam mangkuk, ambil dari sudut eye level, supaya tekstur dan volumenya terlihat. Untuk menentukan angle memang tidak ada cara yang saklek, jadi beranikan diri untuk terus bereksperimen, ya!

Hindari filter jika memungkinkan

Visual makanan tidak harus selalu tampak flawless layaknya potret wajah. Karenanya sebisa mungkin tampilkan secara natural, tanpa filter. Sebab, penggunaan filter cenderung dapat mengaburkan tampilan dan warna yang sebenarnya dari makananmu. Untuk editing pun tak perlu berlebihan. Lakukan sewajarnya seperti menambah brightness, misalnya. Saran lainnya ialah abadikan makananmu ketika masih fresh, baik dari segi bentuk maupun tekstur. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan komposisi warna yang segar dan estetis.

Tentu ada risikonya ketika mempersiapkan bahan makanan agar terlihat menarik. Mungkin kamu dituntut untuk mengiris bahan makanan, atau misal memindahkan makanan ke piring saji ketika masih panas. Kulitmu bisa saja terluka akibat goresan ataupun akibat tak sengaja menyentuh permukaan yang panas, Ladies. Nah bila hal tersebut terjadi, segera bersihkan lukanya dengan air mengalir, lalu beri cairan antiseptik, dan balut lukanya dengan perban apabila diperlukan.

Setelah lukanya kering, segera lakukan perawatan bekas lukanya, kamu bisa mempercayakan Dermatix® Ultra. Gel topikal ini memliki kandungan terdepan, seperti Cyclopentasiloxane Technology (CPX Technology) dan vitamin C Ester. Formula tersebut berfungsi untuk membantu meratakan dan memudarkan bekas luka menonjol dan menghitam. Gel ini sangat mudah untuk diaplikasikan, juga nyaman di kulit karena transparan, tidak berminyak, serta cepat kering. Jika kamu menggunakannya dengan konsisten, hasilnya akan bisa dilihat 8 minggu setelah pemakaian rutin. Jadi jangan setengah-setengah saat memilih produk bekas luka, langsung pilih yang teruji klinis dan mampu pudarkan bekas luka secara maksimal.

Kalau kamu percaya diri dengan kulitmu, pasti juga jadi lebih percaya diri deh saat bereksplorasi dengan kemampuan food photography-mu! 

Tags : Kitchen bekas luka PahamiSolusinya #JanganSetengahSetengah dermatix November

Posted on, 26.11.2018