5 Manfaat Belajar Memasak untuk Kesehatan Jiwamu





Memasak hanya untuk chef, siapa bilang? Jangan anggap remeh kegiatan memasak, Ladies. Ternyata di balik proses mendapatkan hasil masakan yang sempurna, kegiatan satu ini juga memiliki manfaat positif untuk kesehatan jiwa kamu.

Menurut Nicole Lambert, seorang konselor dari Movement Counseling Services, “Memasak adalah salah satu jalan menyalurkan energi. Bisa berfungsi sebagai distraksi atau pemecah kejenuhan dan membantu kita menguasai keterampilan di dapur. Memasak juga befungsi untuk mengekspresikan emosi dengan media yang berbeda.” Jadi penasaran, apa saja sih manfaat memasak bagi kesehatan jiwa kamu?

  • Melatih kesabaran

Dengan memasak, kamu akan belajar bersabar, mulai dari persiapan bahan makanan hingga hidangan tersaji. Selain itu, kamu akan mengerti bahwa mengolah setiap jenis makanan akan memiliki cara yang berbeda, seperti dalam penggunaan api. Tidak semua makanan dimasak dengan api besar, kadang kala penggunaan api kecil dalam waktu lama juga diperlukan untuk menghasilkan masakan yang nikmat.

  • Melatih kedisiplinan waktu

Jika kamu kesulitan mengelola waktu, memasak bisa menjadi salah satu medium untuk melatih time management. Kamu ditantang untuk menghasilkan masakan dalam kurun waktu tertentu dan mengatur prioritas, mulai dari membersihkan setiap bahan masakan, memasak, membersihkan piring saji, dll.

  • Menjadi lebih kreatif

Dalam bukunya Addicted to Stress,Debbie Mandel mengatakan, “Memasak adalah penghilang stres terbaik karena menjadi jalan untuk mengekspresikan kreativitas.” Proses memasak terkadang akan membuat seseorang menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan menu makanan baru. Apalagi di tengah keterbatasan bahan!

  • Melatih indra perasaan

Saat memasak, pasti akan ada proses seasoning atau memberikan bumbu pada masakan kamu sampai mendapatkan rasa pas dan nikmat. Ternyata saat kamu mencicipi masakan, otak akan bekerja untuk mengingat rasa itu. Sehingga saat kamu mengulang membuat masakanan tersebut, indera perasa akan mengirimkan sinyal ke otak untuk mencocokkannya. Ketika rasanya cocok, artinya indera perasa kamu sudah terlatih dengan baik.

Persis seperti yang diutarakan Mendel, “Jika stres bisa membuat panca indera mati rasa, memasak bisa bantu mengaktifkannya kembali. Aroma masakan, rasa makanan, menyentuh, melihat penampilan masakan dan bahkan suara mendesis masakan, merangsang seluruh indera tubuh.”

Wah, ternyata banyak ya manfaatnya! Banyak pakar memang percaya bahwa memasak dapat membantu mengembangkan rasa percaya diri, serta meningkatkan kualitas hidup kita jadi lebih baik. Mirip-mirip self therapy!

Meski begitu, aktivitas yang satu ini butuh persiapan. Saat memasak akan rawan terjadi kecelakaan kecil, seperti luka gores atau teriris pisau yang tajam, hingga luka bakar saat tak sengaja menyentuh wajan panas. Hal ini nantinya dapat meninggalkan bekas luka di kulit kamu, Ladies. Tak mau dong, kalau rasa percaya diri kamu turun karena bekas luka membandel?

Saatnya kamu rawat bekas luka dengan Dermatix® Ultra. Dengan CPX Technology dan Vitamin C Ester, Dermatix® Ultra mampu membantu memudarkan bekas luka menonjol, akibat luka gores maupun luka bakar. Gelnya sangat mudah digunakan, cepat kering, transparan dan tidak berminyak. Aman digunakan untuk semua jenis kulit, gel ini juga tidak menimbulkan gatal maupun iritasi. Aplikasikan di area bekas luka setidaknya 2 kali sehari dalam 8 minggu pemakaian, untuk hasil yang maksimal. Tampilan kulit akan tetap terawat, deh!

 

Tags : Resolution PahamiSolusinya Januari dermatix #JanganSetengahSetengah

Posted on, 22.02.2019