5 'Dosa' yang Sering Kita Lakukan Saat Memasak di Dapur







Dapur menjadi salah satu area di rumah yang membutuhkan kebersihan ekstra. Mengingat dapur merupakan tempat kita biasa mengolah makanan untuk dikonsumsi, tentu aspek kebersihan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sayangnya, banyak dari kita masih sering salah dalam menggunakan peralatan dapur di rumah. Bahkan, mungkin beberapa hal di bawah ini masih sering kamu lakukan:

1. Menggunakan cutting board yang sama untuk semua bahan

Menggunakan cutting board yang sama untuk memotong daging, sayur, buah, dan bahan makanan lainnya, merupakan sumber dari penyebaran bakteri. Nah, jika kamu masih melakukan hal ini, sebaiknya mulai pisahkan cutting board sesuai dengan fungsinya. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan kode warna pada cutting board sehingga tidak akan tertukar.

Berikan label hijau pada cutting board untuk sayur dan buah, label merah untuk daging, label biru untuk makanan lainnya. Dengan cara ini, setidaknya kamu telah mengurangi resiko penyebaran bakteri yang dapat membahayakan kesehatanmu dan keluarga.

2. Mencuci peralatan stainless steel dengan tidak menyeluruh

 Stainless steel memiliki partikel yang membutuhkan solusi khusus untuk proses pembersihan agar kualitasnya bisa terjaga untuk waktu yang lama. Kamu wajib menggunakan sabun pembersih cair khusus agar tak merusak kilap dari peralatan itu sendiri. Begitupun saat menggosoknya, pastikan kamu menggosok perlahan secara sirkular untuk memastikan seluruh kotoran tersapu dengan baik.

3. Mencuci gelas kaca dengan mesin

Membersihkan perlengkapan makan dengan mesin seperti dishwasher memang sangat praktis. Tapi perhatikan kembali hasilnya. Seringkali, penggunaan mesin dapat membuat permukaan kaca tampak tergores. Jika hal tersebut terjadi, kamu memang masih bisa mengelapnya menggunakan cairan cuka, namun hasilnya tentu tak akan mengembalikan kejernihan peralatan makan seperti semula. Sebisa mungkin hindari penggunaan dishwasher untuk perlengkapan makan berbahan kaca, ya!

4. Memasukkan cutlery set ke dalam mesin pencuci piring

Masih seputar penggunaan dishwasher: tidak disarankan menggunakannya untuk membersihkan peralatan makan seperti sendok, garpu, dan pisau makan. Hal ini dikarenakan kinerja mesin dalam membersihkan peralatan tentu tidak akan detil seperti bila kita mengerjakannya secara manual. Alhasil, sisa makanan pun masih dapat tertinggal, dan membuat peralatan makanmu tidak higienis seutuhnya.

5. Mencuci peralatan kayu dengan formula sabun yang keras

Kayu menjadi material yang paling sering digunakan untuk perlengkapan dapur. Karena memiliki serat yang unik, peralatan kayu membutuhkan perawatan yang telaten. Kamu bisa mengandalkan lemon sebagai agen pembersih alami dan lembut, yang dapat membersihkan sisa makanan di serat-serat kayu secara optimal. Untuk jenis material ini, memang sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia dalam cairan pembersih. Lebih natural, lebih baik bukan?

Nah, semoga pembahasan di atas bisa membantumu untuk tak lagi melakukan kesalahan-kesalahan tersebut selagi berkegiatan di dapur. Namun jika sewaktu-waktu kamu terluka ketika merawat peralatan dapur, seperti terluka saat memotong lemon atau saat mencuci pisau, pastikan kamu tidak salah dalam merawat luka maupun bekas lukanya.

Pertama-tama, aliri luka dengan air mengalir dan lanjutkan dengan penggunaan cairan antiseptik, lalu balut lukanya dengan perban apabila diperlukan. Jika luka sudah mengering, #JanganSetengahSetengah untuk menangani bekas lukanya! Coba deh gunakan Dermatix® Ultra yang bisa membantumu memudarkan bekas luka.

Dengan kandungan CPX technology dan vitamin C Ester, gel topikal yang satu ini terbukti secara klinis mampu memudarkan bekas luka hingga 80%. Menariknya lagi, Dermatix® Ultra cepat kering, transparan dan tidak berminyak saat digunakan sehingga tidak akan mengganggu aktivitasmu di dapur! Jadi jangan setengah-setengah saat memilih produk bekas luka, langsung pilih yang mampu pudarkan bekas luka secara maksimal.

Tags : cooking dermatix bekas luka November #PahamiSolusinya

Posted on, 09.11.2018