4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Soal Ritual Double Cleansing





Teknik double cleansing yang dikenal dari Jepang dan Korea kini makin populer. Mengapa? Metode ini dianggap sebagai teknik membersihkan wajah yang paling efektif, terutama untukmu yang rutin memakai makeup dan sunscreen setiap hari.

Ritual yang menggabungkan proses pembersihan wajah dengan cleansing oil dan dilanjutkan dengan face cleanser ini akan membuat sisa makeup dan kotoran terangkat sempurna. Kulit pun jadi lebih bersih dan tak mudah berjerawat. Buatmu yang ingin mencobanya, yuk kenali dulu seluk-beluknya berikut ini:

Ketahui saat yang tepat

Menurut Beatrice Wang, pakar dermatologi di Carey Wang Center, Montreal, mencuci wajah sebanyak sekali dalam sehari sebenarnya cukup. Yang terpenting adalah keefektifan pengangkatan kotoran pada kulit. Untuk itu, pastikan kamu melakukan double cleansing dengan cara dan waktu yang tepat yaitu setelah selesai beraktivitas sepanjang hari, atau juga sebelum tidur. Kamu tak perlu melakukannya di pagi hari hanya untuk mengangkat sisa serum dan night cream.

Demikian pula jika kamu tidak beraktivitas di luar ruangan dan tak menggunakan sunblock serta makeupyang lengkap, maka proses double cleansing tak perlu dilakukan. Intinya, proses double cleansing adalah untuk menghilangkan sisa makeup dan skin care yang sudah terkontaminasi minyak, kotoran, dan polutan yang berpotensi menyumbat pori-pori wajah.

Manfaat utama double cleansing

Sederhananya, ada beberapa residu di wajah yang tidak ikut terangkat jika hanya dibersihkan pakai sabun muka. Apalagi mengingat makeup dan skin care mengandung formula yang berbeda-beda. Tak semua bisa hilang dengan hanya air dan sabun pembersih wajah. Nah setelah wajah dibersihkan dengan metode double cleansing, maka rangkaian skin care berikutnya, seperti toner, serum, moisturizer, dan night creamakan bekerja maksimal di kulit wajah.

Panduan sebelum double cleansing

Sebelum ritual double cleansing, pastikan kamu mencuci tangan hingga bersih agar tidak ada bakteri yang menempel di kulit wajah. Perpindahan bakteri dari tangan ke wajah inilah yang biasanya memicu timbulnya jerawat baru.

Pasca ritual

Selesai melakukan double cleansing, kamu disarankan membasuh wajah dengan air, tapi hindari memakai air panas. Mengapa? Karena menurut Dr Jonquille Chantrey, temperatur air yang terlalu panas akan berpotensi mengiritasi kulit, apalagi jika kondisi kulit kamu sedang berjerawat.

Jangan lupa, setelahnya keringkan wajah dengan handuk bersih karena menggunakan handuk yang kondisinya lembap dapat menjadi media perpindahan kuman ke kulit. Disarankan untuk menyediakan handuk khusus wajah yang sekali pakai, atau tissue supaya lebih praktis.

Double cleansing memang bisa bekerja mengangkat kotoran dan makeup di wajah. Tapi, untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat, bukan cuma ritual double cleansing yang wajib dilakukan. Apalagi kalau kamu memiliki bekas luka yang mengganggu pada wajah, jangan dibiarkan begitu saja. Lekas pakai Dermatix® Ultra, yang memang bekerja baik membantu memudarkan dan meratakan bekas luka menghitam dan menonjol, dengan Cyclopentasiloxane Technology (CPX Technology) yang membuatnya mudah diratakan pada kulit, serta waterproof. Gel ini juga mengandung vitamin C Ester, sehingga bekas luka terlindungi dari radiasi UVA/UVB dan risiko hiperpigmentasi. Nah kalau untuk bebas dari kotoran di wajah saja kamu ingin maksimalkan dengan double cleansing, untuk bekas luka juga #JanganSetengahSetengah dong! 

Tags : Resolution PahamiSolusinya Januari dermatix #JanganSetengahSetengah

Posted on, 19.02.2019