Weekend Gateaway, Yuk Naik Gunung!

Ladies, biasanya apa sih yang ada di benak kamu pas lihat tanggal merah yang cukup banyak di kalendar? Pasti jawabannya liburan.

Walau pun hanya beberapa hari, liburan singkat bisa membuat kamu rileks setelah sibuk dengan rutinitas harian dan macetnya jalanan. Salah satu pilihannya adalah naik gunung alias tracking.

Tapi sebelum berangkat, ada sejumlah persiapan yang perlu kamu lakukan. Catat baik-baik, ya Ladies!

1. Tentukan gunung tujuan

Ladies bila kamu adalah pendaki pemula sebaiknya pilih lokasi gunung yang tidak terlalu jauh dengan tingkat pendakian ringan. Misalnya Gunung Andong dan Gunung Prau di Jawa Tengah, atau Gunung Papandayan, di Jawa Barat. Ketiga gunung itu memiliki jalur tracking dengan waktu tempuh ke puncak relatif singkat. Sehingga kamu tidak terlalu ngoyo saat mendaki dan tetap bisa berjalan santai selama pendakian.

2. Ajak teman

Walau mendaki gunung identik dengan laki-laki, tapi bukan berarti perempuan tidak bisa melakukannya, loh. Sebagai fearless women, kamu juga bisa melakukan tracking gunung. Tapi biar lebih seru dan aman, sebaiknya kamu ajak teman atau sahabat yang juga punya hobi naik gunung. Sehingga kamu memiliki pegangan selama perjalanan.

3. Cek peralatan pendakian

Ini bagian terpentingnya, pastikan peralatan pendakianmu sudah lengkap dan siap pakai, ya Ladies. Jangan sampai peralatan tersebut tidak bisa digunakan saat kamu sudah tiba di lokasi.

Peralatan yang harus kamu siapkan antara lain, carrier atau tas gunung untuk membawa seluruh perlengkapan, raincover untuk melindungi carrier dari hujan, sepatu gunung agar langkah kamu nyaman dan kaki terhindar dari lecet, juga sleeping bag, matras, dan tenda untuk berkemah.

Jangan lupa juga untuk membawa peralatan makan, senter dan lampu tenda, juga kantong sampah. Ingat Ladies, kalau kita harus selalu menjaga kebersihan alam dan tidak membuang sampah sembarangan.

Pastikan semuanya sudah kamu catat dan tidak ada yang tertinggal, ya. Selain itu, sesuaikan bawaan dengan kebutuhan kamu dan jangan sampai membawa barang yang tidak perlu dan hanya akan membuatmu kerepotan.

4. Pilih outfit yang nyaman 

Saat memutuskan untuk mendaki gunung, pastikan kamu pilih outfit yang nyaman dan sesuai kegiatan. Ini akan membantu kamu ketika mendaki gunung. Pastinya kamu tidak mau ketinggalan rombongan saat mendaki gunung hanya karena celana atau sepatu yang dipakai kurang nyaman, bukan?

Kamu bisa mengenakan pakaian berbahan sintetis untuk mendaki gunung. Selain itu, pilih model lengan panjang agar kamu terlindungi dari hal yang bisa melukaimu, seperti tergores ranting pohon, gigitan binatang, maupun luka bakar selama perjalanan.

5. Tentukan sarana transportasi

Transportasi juga penting ditentukan sejak kamu merencanakan perjalanan. Karena itu akan membantumu untuk menghemat waktu dan tenaga. Ingat Ladies, kamu akan liburan naik gunung. Jadi sebaiknya simpan tenaga selama perjalanan, agar kamu kuat saat mendaki gunung.

6. Kotak P3K, itu perlu

Mengingat kamu akan berpetualang ke puncak gunung, jangan lupa untuk selalu membawa peralatan kesehatan, ya Ladies. Siapkan obat-obatan sederhana maupun pribadi yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu. Sehingga kamu tidak kebingungan bila mengalami cedera ringan, misalnya kaki terkantuk.

7. Perlengkapan dokumentasi

Sudah jauh-jauh mendaki gunung kurang rasanya jika kamu tidak berswafoto di atas puncak gunung. Siapkan peralatan dokumentasi terbaikmu untuk merekam momen liburan singkat kamu, ya Ladies.

Nah Ladies, sudah siap liburan singkat mendaki gunung kah?

Selain persiapan di atas, jangan lupa juga untuk menyediakan Dermatix Ultra untuk merawat bekas luka usai liburan. Apalagi saat melakukan kegiatan outdoor, seperti naik gunung, ada kemungkinan kamu mengalami cedera, seperti tangan tergores atau dengkul terkantuk dan meninggalkan luka terbuka.

Saat itu terjadi, pastikan kamu langsung membersihkan luka terbuka itu dengan air bersih dan alkohol. Setelah luka benar-benar kering, rawat bekas luka itu dengan Dermatix Ultra. Jangan setengah-setengah ya perawatannya, Ladies. Oleskan Dermatix Ultra, dua kali sehari selama delapan minggu. Bekas luka pun pudar dan tidak membawa trauma akan liburan naik gunung.

Selamat liburan, Ladies!

Posted on, 03.07.2018